Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penembakan Mahasiswa Unmuh Jember oleh Anggota Brimob

Kompas.com - 14/03/2017, 08:00 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Pelaku penembakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Dedi, ditangkap. Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, tersangka adalah BM (24), seorang anggota Brimob Polda Jatim.

Dedi, lanjut Machfud, tewas karena luka tembak di kepalanya. Korban tewas karena tertembak peluru dari senjata api (senpi) genggam jenis revolver, merk COD, bernomor senpi 646200.

”Senjata api tersebut adalah milik kesatuan. Tersangka dijerat pasal 338 KUHP,” kata Machfud dalam rilis di Polres Jember, Senin (13/3/2017).

Menurut Machfud, peristiwa ini terjadi spontan dan tidak direncanakan. Kejadian di Jalan Raya Sultan Agung Kecamatan Kaliwates, Jember tersebut, berawal dari iring-iringan kendaraan di jalan raya.

”Karena ada kesalahpahaman yang menyebabkan terjadinya percekcokan dan ada gesekan fisik yang berakibat terjadi letusan senjata api,” kata Machfud.

Kronologi

Dedi, mahasiswa Unmuh Jember asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), tewas ditembak di Jalan Sultan Agung, Kaliwates, Jember sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (11/3/2017) dinihari.

Saat itu, Dedi dibonceng oleh temannya. Kejadian bermula saat motor yang dikendarainya bersenggolan dengan mobil Honda Jazz. Mobil tersebut berpenumpang empat orang, salah satunya tersangka penembakan.

Mereka lalu menghentikan mobil tersebut hingga terjadi cekcok dengan penumpang yang ada di dalam mobil. Kemudian sempat pula terjadi perkelahian.

BM yang saat itu duduk di kursi depan turut terlibat. Karena larut dalam perkelahian, BM mengeluarkan senjata api.

Sempat terjadi perebutan senjata api tersebut hingga tiba-tiba terdengar suara tembakan. Dedi tertembak dan meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Semua sudah kami mintai keterangan. Saat ini kami terus lakukan pemeriksaan mendalam," kata Machfud.

Machfud menegaskan, pihaknya mengedepankan komitmen penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, siapapun pelakunya. Meskipun dalam kasus ini tersangka adalah polisi.

Berita ini telah tayang di Surya Malang, Senin (13/3/2017), dengan judul: Ternyata Oknum Brimob Tembak Mahasiswa Jember Karena Persoalan Sepele, Begini Kronologinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com