Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumatera Selatan Pamer Pariwisata sampai ke Berlin

Kompas.com - 13/03/2017, 11:17 WIB


KOMPAS.com –
Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara, Pemerintaah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ikut pameran internasional, Internationale Tourismus-Borse Berlin (ITB) Berlin yang diselenggarakan di Messe, Berlin, Jerman.

Acara tersebut berlangsung pada 8-12 Maret 2017. Adapun peserta pameran meliputi agen perjalanan, badan promosi pariwisata, maskapai penerbangan, hotel, dan banyak lagi.

“Dengan mengikuti ajang ini, kami harap target kunjungan wisatawan mancanegara dapat meningkat,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn Sinaga dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (12/3/2017).

Lebih lanjut, Irene menuturkan bahwa acara itu memberikan peluang besar karena merupakan salah satu gelaran pameran pariwisata terbesar di dunia yang diikuti oleh 100.000 exhibitor.

“Diikuti lebih dari 180 negara dengan jumlah pengunjung lebih dari 200.000 orang,” tambahnya.

Di acara tersebut, selain terlihat Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mereka membawa serta duta pariwisata, yakni Putri Sumsel 2015 Ratih Anggraini dan Finalis Putri Sumsel 2014 Novi Triyastuti.

Sambil mempromosikan potensi budaya dan pariwisata Sumsel secara lisan, keduanya terlihat memakai baju adat khas Bumi Sriwijaya.

Atas keikutsertaan itu, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gede Pitana menyampaikan apresiasinya pada upaya Pemerintah Provinsi Sumsel menggenjot angka kunjungan wisatawan mancanegara.

Dok. Disbudpar Sumatera Selatan Grafik jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Sumatera Selatan.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya ajang olahraga internasional yang juga digelar di Sumsel juga bisa jadi langkah memenuhi target itu,” ujar Pitana.

Pada 2016, data dari Disbudpar Sumsel berhasil mencatat angka kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi itu sebanyak 64.257 dari target 34.320. 

Rencananya pada 2018 dimana perhelatan Asian Games berlangsung di Palembang, provinsi itu menargetkan dikunjungi oleh 36.409 wisatawan mancanegara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com