Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan di Gerbang Tol Jatiluhur, Jasa Marga Buka GT Sawit

Kompas.com - 10/03/2017, 16:18 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga akhirnya membuka gerbang tol (GT) Sawit di Km 99 Tol Purbaleunyi sejak hari ini, Jumat (10/3/2017) pagi.

Hal itu dilakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di GT Jatiluhur menuju perkotaan Purwakarta.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, kepadatan kendaraan terjadi karena kondisi jalan arteri di wilayah Cijantung sampai ke Gunung Putri menanjak, dan kondisinya tak memadai untuk kendaraan berat.

"Laju kendaraan golongan II-V yang akan keluar dari GT Jatiluhur menuju jalan nasional Purwakarta-Padalarang melambat. Kepadatan di jalan nasional berimbas hingga jalur utama tol," kata Heru.

Baca juga: Jembatan Ciganea Mengkhawatirkan, Bupati Dedi Minta GT Sawit Dibuka

Kondisi itu menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Tol Purbaleunyi sejak Km 81 hingga keluar Jatiluhur (Km 84) terpantau padat.

Meski demikian, pengoperasian GT Sawit sifatnya situasional dengan memperhatikan tingkat kepadatan kendaraaan golongan II-III yang akan keluar di GT Jatiluhur.

Jika terjadi kepadatan arah keluar GT Jatiluhur, petugas Jasa Marga di lapangan akan mengarahkan kendaraan golongan II dan III untuk keluar di GT Sawit sampai kepadatan terurai.

"Pengguna jalan tol yang akan menggunakan akses GT Sawit diharapkan tetap waspada dan berhati-hati, mengingat keterbatasan kondisi geometrik jalan, terutama untuk kendaraan jenis truk berukuran besar," ungkapnya.

Pengoperasian GT Sawit diharapkan dapat efektif untuk mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi.

Sebelumnya, Jasa Marga pun merekayasa lalu lintas berupa kanalisasi arus kendaraan truk golongan II-III yang menuju arah Bandung.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol agar berhati-hati dan mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas," imbaunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com