Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilewati Angkutan Berat, Jembatan di Kendal Ambrol

Kompas.com - 09/03/2017, 13:24 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Jembatan jalan Srogo Brangsong, yang menghubungkan Kaliwungu Selatan dengan Kendal Kota dan beberapa kecamatan lain, ambrol sebelah bagian.

Ambrolnya jembatan ini, selain sudah tua, juga karena sering dilewati angkutan berat.

Menurut warga setempat Juwarso (46), ambrolnya jembatan itu sudah terjadi beberapa pekan lalu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, di tengah jembatan diberi batu.

“Jembatan hanya bisa dilewati satu sisi. Mobil yang mau lewat harus gantian,“ kata Juwarso, Kamis (9/3/2017).

Juwarso menambahkan, meski pun sudah ambrol, tetapi masih banyak angkutan berat, di antaranya truk dump bermuatan tanah galian C, yang lewat. Sehingga sangat membahayakan.

Terkait dengan hal itu, Kabid. Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal, Juni Isyanta, mengaku sudah mengetahui mengenai ambrolnya jembatan di jalan Srogo Brangsong tersebut.

Namun jembatan yang ada di jalan tembus, penghubung Kaliwungu Selatan dan Kendal kota serta beberapa kecamatan lain itu, masih bisa dilewati.

“Yang patah hanya sebelah. Tapi jalan itu masih bisa dilewati,” kata Juni.

Juni menambahkan, angkutan berat, termasuk truk dump, masih boleh melewati jembatan itu untuk mendukung pembangunan jalan tol. “Ini untuk memperlancar pembangunan pemerintah pusat, “ ujarnya.

Dia menyebutkan, tahun ini tidak ada anggaran untuk membangun jembatan tersebut. Namun akan diajukan dalam APBD Perubahan. Bila nanti dalam APBD Perubahan masih belum bisa, akan dimintakan di APBD murni 2018.

“Semoga masih kuat,” sebut Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com