Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandawa, Pantai Rahasia Penggoda Rombongan Raja Salman

Kompas.com - 08/03/2017, 19:35 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BADUNG,KOMPAS.com - Pantai Pandawa berada di wilayah Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai yang memiliki pasir putih, ombak yang tenang, dan berada di balik perbukitan ini membuat Pandawa begitu eksotis serta terkenal. Tak salah jika Pandawa menjadi tempat wisata favorit wisatawan termasuk rombongan Raja Salman.

Ketut, penjaga pantai Pandawa mengatakan, beberapa hari lalu rombongan wisatawan dari Arab berkunjung ke Pantai Pandawa. Mereka menyewa beberapa kano termasuk miliknya.

"Mereka tidak banyak rombongannya kurang dari 10 orang. Saya sempat baca tanda pengenal yang digantung di leher salah satu orang sepertinya penjaganya," tutur Ketut.

Laki-laki yang sudah 4 tahun bekerja di Pantai Pandawa tersebut mengaku hanya satu kano yang disewa oleh rombongan tersebut. Perahu kano tersebut ia sewakan Rp 50.000 per jam.

"Mau wisatawan asing atau domestik semuanya sama harganya. Satu jam Rp 50.000," jelasnya.

Selain persewaan kano, di sekitar Pantai Pandawa juga banyak yang menyediakan jasa urut dengan harga bervariasi. Bukan hanya wisatawan asing, wisatawan domestik juga mendominasi kunjungan di Pantai Pandawa.

"Akses jalannya sudah mudah dan bagus. Bus-bus besar juga bisa parkir di dalam. Kalau wisatawan domestik biasanya rombongan mahasiswa atau anak sekolah," jelas Ketut.

Sebelum dikenal dengan nama Pandawa, pantai tersebut dikenal dengan nama Melasti. Ada juga yang menyebutnya Pantai Penyekjekan.

Akses jalan yang sulit karena harus melewati perbukitan membuat pantai tersebut juga dikenal dengan nama pantai rahasia atau secret beach. Nama Pantai Rahasia tersebut dipopulerkan oleh wisatawan asing khususnya dari Australia yang suka berselancar atau surfing.

"Dulu kalau mau kesini kita harus kasih ongkos kepada pemandu tapi akhirnya akses jalan dibuka luas dan banyak orang datang ke sini dan akhirnya diberi nama Pantai Pandawa," jelasnya.

Nama Pandawa diambil dari kisah cerita agama Hindu tentang pengasingan Panca Pandawa selama 12 tahun ke Hutan Goa Gala-Gala.

Kisah tersebut sama dengan perjuangan kehidupan masyarakat adat Kutuh, tempat pantai tersebut berada untuk melepaskan diri dari keterpinggiran dan keterasingan dengan membuka akses jalan dengan membelah tebing dari 1997 hingga 2012.

"Sejak 2012 pantai ini diberi nama Pantai Pandawa dan dikelola Desa Adat Kutuh," jelas Ketut.

Di sepanjang tebing jalan masuk menuju Pantai Pandawa terdapat patung Kunti dan Pandawa, yaitu Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Di bagian paling atas tebing ada tulisan besar "Pantai Pandawa" yang sering dijadikan latar belakang wisatawan berfoto.

Untuk masuk ke Pantai Pandawa, wisatawan cukup membayar tiket Rp 8.000.

Raja Salman dan rombonggan tiba di Bali 4 Maret 2017 dan memperpanjang masa liburannya hingga 12 Maret 2017. Rombongan mereka banyak menghabiskan waktu di pantai di sekitar Nusa Dua dan Raja Salman sendiri memilih banyak menghabiskan waktu dengan beristirahat di Hotel St Regis tempat Raja Salman menginap selama di Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com