Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambrol, Jalan Alternatif Kendal-Semarang Ditutup

Kompas.com - 08/03/2017, 10:30 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Jalan Darupono Kaliwungu Selatan yang menghubungkan Kendal dan Kabupaten Semarang Jawa Tengah, ditutup selama 2 hari. Penutupan dilakukan, karena jalan Darupono tersebut, putus sepanjang 10 meter.

Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Moh. Toha mengatakan, warga yang akan ke Kabupaten Semarang, bisa melewati Ngaliyan Semarang, kemudian ke Gunung pati. Demikian juga sebaliknya.

“Yang roda dua, saat ini bisa lewat jalan yang tidak berbeton. Luasnya hanya satu meter. Tapi mulai siang nanti, ada pembongkaran beton jalan yang longsor. Jadi kemungkinan roda dua sudah tidak bisa lewat karena ada pengerjaan jalan,” ujarnya, di Kendal, Rabu (8/03).

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP. Agus Triyono, menyebutkan, pihaknya akan membantu mengatur lalu lintas jalan alternatif Darupono, terkait dengan pengalihan jalan. Sehingga pengguna jalan tidak tersesat.

“Kami akan memasang rambu-rambu lalu lintas," sebutnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan, Juni Isyanta, mengaku perbaikan sementara jalan alternatif di Desa Darupono yang ambrol, sudah ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, yaitu dengan cara membuat jalan darurat. Sehingga nantinya masyarakat bisa melewati jalan itu.

“Jalan darurat tersebut menyewa lahan milik Perhutani seluas 2 x 25 meter persegi dan lahan perseorangan seluas 30 X 5 Meter persegi,” kata Juni.

Juni menambahkan, dan yang digunakan oleh BPDB untuk membuat jalan darurat itu, sebesar Rp 200 juta. “Itu bukan jalan permanen," terangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com