Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi Turki Jadi Lulusan Tercepat di Universitas Negeri Semarang

Kompas.com - 07/03/2017, 18:06 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Mahasiswi asal Turki, Esma Akin (24), didaulat menjadi lulusan terbaik di kampus Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/3/2017).

Esma menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3,5 tahun.

Di kampus Unnes, gadis asal Ayden, kota wilayah barat di Turki, itu mengambil studi Bahasa Arab. Salah satu karyanya selama kuliah adalah menyusun kamus berbahasa Arab-Turki.

Jauh sebelum kuliah, Esma ternyata membulatkan tekad untuk belajar agama di Indonesia. Negara ini dipandang sebagai representasi negara muslim terbesar di dunia.

“Saya juga ingin jadi guru. Guru itu keren. Kalau jadi guru, saya bisa bekerja, bisa jadi ibu, bisa jadi apa saja,” kata Esma seusai diwisuda di kampusnya, Selasa siang tadi.

Gadis kelahiran Januari 1992 ini mengaku senang bertemu teman serta guru yang dinilai hebat di Indonesia. Esma pun tak sungkan memuji sebagian dosen pembimbingnya yang merupakan lulusan Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Dari pembimbingnya itu, Esma akhirnya mengembangkan kamus Arab-Turki. Menurut dia, kamus yang ada di negaranya tidak optimal karena bentuk bukunya yang tebal sehingga susah dibawa ke mana saja.

Dia pun akhirnya menyusun kosakata kamus selama lima bulan. Dia lalu mendata kosakata Arab lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Turki. Dalam setiap terjemahan itu, Esma menyertakan contoh kalimat.

“Jadi, itu yang membedakan dengan kamus lainnya. Kalau ada contohnya orang bisa lebih paham cara memaknai kosa kata,” ucapnya.

Esma pun mengaku akan terus mengembangkan kamus buatannya ini seusai kembali ke tempat asalnya di Turki. Jika nanti mengajar, kamusnya yang akan dibagikan ke semua murid-muridnya kelak.

Berkat keberhasilan itu, Esma diberi kesempatan untuk berpidato mewakili mahasiswa yang diwisuda. Dia pun menerima itu kesempatan itu sebagai bentuk penghormatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com