Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas PA Temui Tersangka Penganiaya Bocah 4 Tahun di Bogor

Kompas.com - 07/03/2017, 15:38 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mendatangi Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bogor untuk menemui terduga pelaku dalam kasus tewasnya Kanja Isabel Putri alias Caca (4), Selasa (7/3/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Komnas PA meminta keterangan dengan melakukan in-depth interview kepada tersangka yang tak lain adalah ayah tiri korban berinisial JJ (22).

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan, dari hasil wawancara itu, tersangka mengakui telah melakukan tindakan kekerasan kepada korban ketika marah.

Menurut Arist, hasil otopsi dari pihak rumah sakit Polri Kramat Jati menyatakan, terdapat luka memar di beberapa bagian tubuh korban serta bekas luka melepuh di bagian kaki dan sulutan rokok.

"Kehadiran kami di sini untuk mengkonfirmasi telah terjadi perbuatan melawan hukum termasuk menghilangkan nyawa orang lain. Itu diakui oleh ayah tiri korban dan diketahui oleh ibu kandung korban," jelas Arist, di Mapolres Bogor, Selasa (7/3/2017).

Baca juga: Kasus Kematian Bocah 4 Tahun di Bogor, Ayah Tiri Korban Jadi Tersangka

Arist menambahkan, di hadapan polisi, pelaku sudah mengakui perbuatannya itu dan meminta maaf kepada istri serta keluarga. Pelaku pun mengatakan akan bertanggung jawab secara hukum.

Dirinya menyebut, tindakan kekerasan itu dilakukan pelaku karena dilatarbelakangi persoalan ekonomi. Namun, kata Arist, tindakan itu tidak dibenarkan dan menjadi alasan sampai melakukan perbuatan tersebut, bahkan sampai menghilangkan nyawa.

"Ada kefrustasian ekonomi. Dia (tersangka) seorang pengamen, penghasilannya terbatas. Sehingga ini yang memicu pelaku melakukan tindakan kekerasan kepada korban. Ketika anak itu dianggap tidak patuh, dia dorong sampai kena tembok. Itu dilakukan secara sadar dan sengaja," ucapnya.

Sebelumnya, Kanja Isabel Putri alias Caca (4), tewas di rumahnya di Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (4/3/2017).

Polisi menduga, korban tewas tidak wajar setelah ditemukan sejumlah luka di jasad korban, seperti luka akibat benda tumpul dan terdapat bekas luka melepuh.

Polres Bogor pun menetapkan ayah tiri korban berinisial JJ (22) sebagai tersangka dalam kasus itu setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif. Sedangkan terhadap ibu kandung korban berinisial DY (27) masih berstatus saksi.

Kompas TV Seorang anak berusia 5 tahun ini terlahir tanpa saluran pembuangan (ekskresi) dan saluran kemih. Setelah menjalani sejumlah operasi, rencananya operasi lanjutan akan kembali dilakukan di Surabaya, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com