Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi: Saya Mah Apa Atuh, Hanya Orang Desa...

Kompas.com - 06/03/2017, 23:11 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Purwakarta sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi, mengomentari soal dirinya dianggap punya modal besar untuk maju ke Pemilihan Gubernur 2018.

Dedi mengaku dirinya selama ini hanya sebagai orang desa yang bergaul dengan masyarakat di perkampungan.

"Kalau ditanya soal Pilgub saat ini, harusnya ditanyakan ke 33 juta warga Jabar, jangan kepada saya dulu. Silakan ditanya warga ingin pemimpin seperti apa. Saya mah apa atuh, hanya orang desa. Terlalu tinggi kalau ditanya siap dan tidak siap saat ini," kata Dedi sembari tersenyum kepada wartawan seusai kunjungannya ke Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (6/3/2017).

Baca juga: Dedi Mulyadi Dinilai Punya Modal Besar untuk Maju ke Pilgub Jabar 2018

Dedi menambahkan, melihat dari dua kali pengalaman Pilgub Jabar sebelumnya, sosok calon yang mendapatkan hasil survei dengan elektabilitas tertinggi selalu berada di posisi paling buncit pada hari pemungutan suara.

Artinya, kata dia, ada beberapa hal dalam dinamika masyarakat Jawa Barat yang tak terdeteksi oleh lembaga survei selama ini. Hal ini yang nantinya akan mendapatkan perhatian khusus oleh internal partainya.

"Ini ada dinamika di masyarakat yang tak bisa dideteksi oleh lembaga survei. Pada dua kali Pilgub Jabar, sosok calon yang memiliki elektabilitas paling tinggi selalu berada di posisi ketiga. Jadi kalau ditanya kesiapan Pilgub ke saya, saat ini saya hanya bilang biar masyarakat Jabar yang memutuskan," kata Dedi.

Dedi yang selama ini dinilai berhasil menjalankan visi pembangunan berkarakter di Purwakarta menilai, saat ini persoalan pencalonan gubernur masih terlalu jauh. Adapun tentang kunjungannya ke beberapa daerah selama ini hanya untuk menampung aspirasi seluruh rakyat Jabar. Hasilnya nanti akan diteruskan kepada Fraksi Golkar di DPRD Jawa Barat untuk dimasukan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahunan.

"Aspirasi yang saya dapatkan langsung dari masyarakat di daerah-daerah perkampungan dan terpencil, saya langsung sampaikan ke anggota dewan di Fraksi Provinsi Jabar. Langsung diaplikasikan pada Musrenbang. Hasilnya beberapa daerah sudah ada yang mengaplikasikan beberapa programnya," tambah dia.

Dalam kesempatan itu, Dedi mengucapkan selamat kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menyatakan siap maju ke Pilgub Jawa Barat. "Iya, saya ucapkan selamat," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com