Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Dinyatakan Hilang, 6 Mahasiswa Pecinta Alam UMM Ditemukan Selamat

Kompas.com - 06/03/2017, 20:28 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Enam anggota Divisi Mahasiswa Pencinta Alam (DIMPA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sempat dinyatakan hilang saat jelajah gua atau caving di Gua Lo Bangi, Kabupaten Malang ditemukan dalam kondisi selamat, Senin (6/3/2017).

Mereka adalah Anis Febrianti Rahmanda mahasiswa jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Tagar Al Aziis mahasiswa jurusan Teknik Elektro, Hera Amalia mahasiswa jurusan Akuntansi dan Nabila Fauziah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional.

Selain itu ada Dwi Candra Hadiansyah mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Tengku Zulfikar alumni Hubungan Internasional.

Kepala Humas UMM, Rina Wahyu Setyaningrum mengatakan, mereka sedang melaksanakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan anggota muda setelah mengikuti diklatsar (pendidikan latihan dasar).

"Selain divisi caving, divisi lain yang melakukan aplikasi adalah divisi gunung hutan di Gunung Panderman, divisi arung jeram di Batu dan divisi panjat tebing di lembah kera," katanya melalui pesan tertulis yang diterima Kompas.com.

Ia menjelaskan, Minggu (5/3/2017) sekitar pukul 10.00 WIB, empat dari enam anggota itu masuk ke dalam gua.

Karena dalam waktu lama tidak keluar, pukul 17.00 WIB, menyusul dua orang lainnya yang semula hanya menunggu di mulut gua. Dua anggota yang menyusul pun ikut hilang.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bagyo Setiyono mengatakan, mereka sempat dinyatakan hilang karena dalam pencarian selama tiga kali tidak ditemukan.

Pada pencarian berikutnya, sekitar pukul 16.15 WIB, mereka yang dinyatakan hilang ditemukan dalam kondisi selamat. Mereka ditemukan sedang istirahat karena kehilangan jalan keluar.

"Sudah ketemu, dalam keadaan selamat. Cuma kurang oksigen dan makan. Dua orang sudah naik dan empat masih di dalam dalam pengawalan dan pengawasan rescue," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com