Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Targetkan E-KTP Tuntas Sebelum Pilkada Jabar

Kompas.com - 06/03/2017, 14:42 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP diupayakan rampung pada tahun ini atau sebelum Pilkada Jawa Barat bergulir pada 2018.

"Sekarang sedang finalisasi tender ya. Mudah-mudahan cepat selesai. Target kami tahun ini yang tinggal 5 persenan lah dari 183 juta penduduk yang wajib punya e-KTP, yang baru punya suket-suket (surat keterangan) ini sudah bisa akan punya e-KTP," ucap Tjahjo seusai bertemu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (6/3/2017).

Dia optimistis pembuatan e-KTP untuk masyarakat bisa terkejar sebelum Pilkada Jabar. Hal itu sesuai dengan target pemerintah yang menginginkan seluruh warga Indonesia mengantongi e-KTP sebelum pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden 2019.

"Karena target kami untuk Pileg dan Pilpres tahun 2019. Tapi untuk Pilkada tahun depan saya kira akan bisa tercapai," ujarnya.

Namun, kata Tjahjo, jika e-KTP belum rampung tahun depan, ia memastikan hal itu tak akan menghambat proses pemberian hak pilih masyarakat dalam pemilihan kepala daerah.

"Kalau belum nanti akan pakai surat keterangan sementara yang itu sah. Agar hak politik warga negara untuk menggunakan hak pilihnya tercapai," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com