Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Dua Lantai Ambruk Tergerus Aliran Sungai di Sukabumi

Kompas.com - 05/03/2017, 18:44 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebuah bangunan dua lantai ambruk di Jalan Subangjaya, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2017) sekitar pukul 23.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi setelah Sukabumi diguyur hujan deras sejak sore hingga malam itu. Hanya saja, pemilik bangunan menderita kerugian puluhan juta rupiah.

Bangunan dua lantai berukuran 7 x 8 meter persegi itu berdiri tepat di pinggiran sungai Cisuda. Lantai dasar yang dibangun permanen itu digunakan sebagai bengkel dan lantai dua semi permanen untuk tidur.

''Kejadiannya tengah malam. Saat itu sungai Cisuda meluap deras, karena hujan sejak sore hingga malam,'' ungkap pemilik bangunan, Usup (50) kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya, Minggu (5/3/2017) siang.

Baca juga: 3 Kecamatan di Sukabumi Dilanda Banjir dan Longsor, 1 Warga Terluka

Dia menuturkan, saat kejadian, di dalam bangunan tidak ada orang. Padahal biasanya, dia dan istrinya selalu tidur di lantai dua. Namun saat itu dia dan istrinya tidur di bangunan yang lokasinya hanya terhalang gang.

''Biasanya saya dan istri sering berada di lantai atas. Alhamdulillah saat kejadian saya berada di sebelah,'' tutur Usup sambil menunjuk ke bangunan yang hanya sekitar tiga meter dari bangunan ambruk.

Menurut Usup, runtuhnya bangunan yang didirikan di atas tanah miliknya itu terjadi pada bagian bawah. Sepertinya, fondasi bangunan dan bagian bawah terus tergerus aliran sungai Cisuda yang meluap.

''Di bawah juga ada pupuk sekitar dua kwintal terbawa hanyut. Sedangkan di dalam bangunan ada televisi, dispenser dan alat-alat bengkel, ada yang rusak ada juga yang hanyut,'' ujarnya.

Peristiwa ini sudah ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

''Tadi siang sudah ada petugas BPBD yang mengecek ke sini. Kami berharap pemerintah bisa membantu kami,'' harap dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com