Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2017, 18:25 WIB
Caroline Damanik

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam kunjungan ke Bali, 4-9 Maret 2017, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan rombongan membawa barang keperluan atau kargo mencapai 396 ton.

Dari catatan Kompas TV, kargo antara lain meliputi barang-barang pribadi, kursi senilai 17 miliar, televisi berukuran 80 inci, 2 unit Mercy S 600, 1 unit eskalator listrik, logistik makanan, peralatan kantor dan mesin sinar X.

(Baca juga: Tak Ada Penutupan Pantai Khusus untuk Raja Salman )

Barang-barang kargo yang dibutuhkan rombongan Raja Salman selama berlibur di Bali sudah tiba terlebih dahulu sejak beberapa hari lalu hingga Sabtu (4/3/2017) siang, sebelum Raja dan rombongan tiba Sabtu sore.

Dalam kunjungan ke Indonesia, Jakarta, Bogor dan Bali, Raja Salman membawa total 459 ton kargo.

Sebanyak 63 ton dipakai untuk keperluan selama di Jakarta, sisanya adalah untuk keperluan selama berlibur di Bali.

Barang-barang yang dibawa ke Jakarta antara lain satu eskalator yang ditempatkan di Bandara Halim Perdanakusumah untuk memfasilitasi keberangkatan dan kepulangan Raja Salman dan rombongan dari Jakarta.

(Baca juga: Raja Salman dan Rombongan Tiba di Bali)

Raja Salman dan rombongan mengunjungi Indonesia dari tanggal 1-9 Maret 2017.

Raja Salman menghabiskan tiga hari pertamanya sebagai tamu kenegaraan di Jakarta dan Bogor lalu melanjutkan perjalanan untuk berlibur di Bali.

Sebelum tiba di Bali, Raja Salman sempat mengunjungi Brunei Darussalam.

Rombongan Raja Salman yang berangkat berlibur ke Bali mencapai 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Mereka menumpang tujuh pesawat, yang terdiri jenis Boeing dan Hercules.

 

Kompas TV Kira-kira seperti inilah Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al-Saud ketika turun dari pesawat, setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma. Raja Salman turun menggunakan eskalator pribadi. Ada dua eskalator yang dibawa ke Indonesia. Satu eskalator diletakkan di Bandara Halim Perdanakusuma dan satu lagi dibawa ke Bandara Ngurah Rai, Bali. Tangga-tangga berjalan ini dibawa pesawat Saudi Arabian. Dalam lawatannya ke negara-negara lain, pemerintahan Arab Saudi memang menggunakan pesawat berukuran besar untuk mengangkut fasilitas kelas wahid buat sang raja. Dalam kunjungannya kali ini ke Indonesia, total barang yang dibawa seberat 459 ton. 63 ton diangkut melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan 396 ton diangkut melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar. Jumlah ini terdiri dari makanan dan minuman untuk raja, peralatan kerja, mesin x-ray, Mercy tipe s600, dua unit eskalator. Dibutuhkan 36 penerbangan untuk menyelesaikan misi logistik Raja Salman. Raja Salman dan rombongan disambut sebagai tamu negara terhitung sejak tanggal 1 hingga 3 Maret 2017. Seusai pertemuan bilateral, selanjutnya rombongan raja akan berlibur ke Bali dari tanggal 4 hingga 9 Maret 2017. Rombongan Raja Salman yang ikut berlibur ke Bali mencapai 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Mereka akan menumpang tujuh pesawat, yang terdiri jenis Boeing dan Hercules.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com