Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Tak Keberatan Bandara Ditutup Saat Raja Salman Datang

Kompas.com - 04/03/2017, 17:24 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Ngurah Rai Bali akan ditutup selama 45 menit pada Sabtu (4/3/2017) pukul 17.30-16.15 Wita.

Penutupan dilakukan sehubungan dengan kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud untuk liburan di Bali. 

Sebanyak 39 penerbangan, baik dari dan menuju Bali, terpaksa dibatalkan pada waktu tersebut.

Walau demikian, sejumlah penumpang yang akan terbang pada pukul 17.45-18.45 Wita mengaku bisa menerima kondisi tersebut.

Apalagi, menurut mereka, yang datang adalah Raja Salman yang merupakan tamu kehormatan negara.

"Tidak keberatan ya tentunya, ini kan kunjungan tamu negara," kata Bambang Sulistyo (40), karyawan swasta asal Jakarta, saat ditemui di pintu keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai, Sabtu (5/3/2017).

(Baca juga: Raja Salman Datang, 8.000 Penumpang Terkena Penundaan Terbang)

Ia mengaku tidak keberatan meskipun penundaan lebih lama dari 45 menit. "Antara jadwal di tiket dengan waktu penutupan bandara tidak begitu lama juga kok, jadi ya tidak masalah," kata Bambang.

Meskipun demikian, menurut dia, pihak maskapai belum menyampaikan pemberitahuannya secara resmi mengenai adanya penundaan penerbangan saat pesawat yang mengangkut rombongan Raja Salman tiba di Bali.

Hal senada juga dikatakan penumpang tujuan Semarang, Evi Novita Sari (23). Bahkan, perempuan lulusan Stipari Semarang ini mengaku tahu adanya penutupan bandara saat diwawancarai Kompas.com.

"Lho saya malah baru tahu sekarang," kata Novita Sari.

Walau demikian, Novita bisa menerima penundaan penerbangan karena kedatangan Raja Salman.

Novita merupakan penumpang transit dari Dilli-Timor Leste dan akan terbang menuju Semarang.

Melihat waktu penutupan bandara yang berlangsung 45 menit, Novita Sari mengaku bisa menerimanya. "Kalau pun ditunda ya paling cuma sebentar tunggunya," kata dia. 

(Baca juga: Jelang Kedatangan Raja Salman, Karyawan St Regis Bali Tertahan di Depan Hotel)

Adapun Raja Salman rencananya tiba di Bandara Ngurah Rai pada Sabtu (4/3/2017) pukul 17.45 Wita dengan rombongan 250 orang dan menggunakan 3 buah pesawat kerajaan Arab.

Selain penghentian sementara aktivitas bandara, jalur yang menghubungkan Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua akan ditutup bagi masyarakat umum saat rombongan Raja Salman lewat.

Raja Salman akan menghabiskan waktu liburan di Bali sampai Kamis mendatang. Selama liburan, Raja Salman akan menginap di Hotel St. Regis, Nusa Dua, Bali.

Kompas TV Pertemuan tokoh Islam dengan Raja Arab Saudi, Salman Bin Abul Azis Al-Saud, diharapkan dapat menciptakan islam moderat untuk kedamaian di dunia. Selain misi perdamaian, juga disepakati kerja sama di bidang kesehatan dan pendidikan. Lawatan Raja Salman ke Indonesia diharapkan dapat mendorong tampilnya Islam yang moderat dalam menjaga perdamaian dunia. Hal ini tampak ketika Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al-Saud berdiskusi dengan puluhan tokoh Islam di Istana Negara. Lebih dari 30 ulama hadir dalam pertemuan, mereka adalah perwakilan dari sejumlah pondok pesanteran dan oraganisasi Islam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com