Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Banjir, Ridwan Kamil Instruksikan Camat dan RW Bersihkan Aliran Sungai

Kompas.com - 03/03/2017, 15:54 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Banjir kembali berpotensi menerjang sejumlah wilayah di Kota Bandung menyusul tingginya intensitas hujan.

Menyikapi kondisi tersebut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menginstruksikan aparat kewilayahan dari mulai camat hingga RW untuk membersihkan saluran air.

"Seperti prediksi dari BMKG puncak hujan akan terjadi di bulan Februari, maka dari itu saya sudah intruksikan aparatur kewilayahan mulai tingkat camat hingga ketua RW khususnya yang dilewati aliran sungai untuk bersiaga jika terjadi kenaikan volume air," ujar Ridwan di Bandung, Jumat (3/2/2017).

Baca juga: Ridwan Kamil Temui Ketua DPR Adukan Soal Banjir Bandung

Emil, sapaan akrabnya, mengaku telah mengantisipasi potensi luapan air di titik langganan banjir seperti kawasan Gedebage dan Pagarsih.

"Untuk tahun 2016, proyek penanggulangan banjir di Gedebage sudah selesai. Untuk Pagarsih sesuai komitmen akan dibuat basement untuk menampung air jika kondisi air di sana naik," katanya.

Selain itu, Pemerintah Kota Bandung juga mulai memperbaiki sejumlah benteng atau tanggul air yang rentan roboh diterjang luapan air.

"Insya Allah semuanya antisipasi sudah kami lakukan, kami memiliki tim URC yang bersiapa 24 jam untuk memperbaiki tembok-tembok aliran sungai yang rusak. Dari sistem antisipasi kita sudah siap, tinggal masyarakatnya ikut mempersiapkan jika cuaca buruk," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com