Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Raja Salman di Bandara Ngurah Rai Dijaga Petugas Keamanan Arab Saudi

Kompas.com - 03/03/2017, 13:04 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Tiga buah pesawat kerajaan Arab Saudi akan diinapkan di Bandara Ngurah Rai selama Raja Salman Bin Abdulazis Al Saud berlibur di Bali 4 sampai 9 Maret mendatang.

Ketiga pesawat ini akan mendapat pengamanan khusus, yakni dikawal oleh pasukan keamanan dari kerajaan Arab Saudi.

"Khusus pesawat memang dijaga pasukan pengawal kerajaan, kita di luar saja," kata Pangdam IX Udayana, Mayjen Kustanto Widyatmoko di Nusa Dua, Bali, Jumat (3/3/3017).

Namun Widyatmoko membantah bahwa keamanan Bandara Ngurah Rai sepenuhnya diambil alih oleh tim keamanan Raja Salman.

"Tidak diambil alih ya, mereka hanya menjaga pesawat saja," kata Widyatmoko.

Baca juga: Satgas Pengamanan VVIP Raja Salman Gelar Apel di Nusa Dua

Selain ketiga pesawat tersebut, wilayah pantai sekitar tempat Raja Salman menginap juga akan dijaga ketat dengan radius 1 mil laut.

Raja Salman dijadwalkan akan tiba di Bali pada Sabtu (4/3/2017) pukul 17.45 Wita. Raja Salman bersama rombongan akan tiba dengan tiga penerbangan atau flight.

Raja Salman menggunakan satu pesawat khusus kerajaan dengan nomor penerbangan SVA 1 STA 17.45LT/04Mar, STd TBA, typeB744, rute HLP-BWN-DPS-RON.

Kompas TV Sejumlah lokasi wisata di kawasan Nusa Dua yang nantinya menjadi area private rombongan Raja Salman mulai dijaga ketat dan disterilkan untuk menjaga privasi rombongan raja. Salah satu kawasan yang disterilkan adalah sejumlah pantai yang terdapat di salah satu hotel tempat sang raja menginap. Hal ini untuk menjaga privasi Raja Salman dan rombongan dan menjadi salah satu permintaan protokoler raja ke pihak keamanan Indonesia. TNI Angkatan Laut akan menjaga keamanan laut dari jarak 1 mil dari bibir pantai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com