Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Latih TNI AU Tergelincir, Penerbangan di Bandara Adisumarmo Sempat Terganggu

Kompas.com - 02/03/2017, 16:19 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Pesawat latih jenis Grob milik TNI AU di Lanud Adisumarmo, Solo, mengalami kecelakaan, Kamis (2/3/2017).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Menurut keterangan dari Komandan Lapangan Udara Adisumarmo, Kolonel Pnb Mohamad Tonny Harjono, insiden kecelakaan tersebut terjadi saat latihan landing dan take off di runway 36.

"Insiden terjadi pada pukul 08.50 WIB, Kamis (2/3/2017) saat simulasi take off dan landing. Pada simulasi kelima, dua pilot akan kembali untuk melakukan latihan tersebut. Namun saat hendak melakukan take off, terjadi masalah pada nose wheel atau ban depan pesawat sehingga tidak dapat terbuka sempurna. Akibatnya, pesawat tergelincir saat bersiap take off," kata Danlanud kepada wartawan di Lanud Adisumarmo.

Dua penerbang, yaitu Mayor Pnb Yulianto bersama siswanya, Letda Handika Airlangga Bima Yogatama dalam kondisi selamat dan tidak ada luka apapun.

Danlanud pun menjelaskan lebih lanjut terkait insiden tersebut.

"Kita masih selidiki penyabab kenapa nose wheel-nya tidak berfungsi sempurna," katanya.

Sementara itu, akibat insiden tersebut, lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Adisumarmo sempat terganggu.

Katsolani, Airport Duty Manager Bandara Adisumarmo, mengatakan, empat penerbangan dari dan menuju Solo terpaksa tertunda.

"Kira-kira penerbangan terganggu selama satu jam, dan empat penerbangan sempat delayed, tapi saat ini sudah berjalan normal kembali. Tepatnya pukul 10.00 WIB sudah kembali normal," katanya pada hari Kamis (2/3/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com