Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Perkenalkan Kakak Kandung Muhaimin sebagai Cagub Jatim

Kompas.com - 01/03/2017, 22:31 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur memastikan akan mengusung Abdul Halim Iskandar sebagai calon gubernur dalan pemilihan gubernur tahun depan.

Kelompok muda PKB Jawa Timur sudah bergerak mensosialisasikan nama kakak Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar itu ke pelosok-pelosok desa melalui program sekolah politik kebangsaan.

"Selain menyasar pemilih pemula, kami juga menyasar pemilih yang belum jelas arahnya atau swing voters," kata Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur, Ka'bil Mubarok, Rabu (1/3/2017).

Sekolah politik kebangsaan didesain sebagai ilustrasi pendekatan kepada calon pemilih agar mereka menjadi lebih peduli terhadap kondisi bangsa saat ini sekaligus membangun nasionalisme.

Sebagai partai pemenang pemilu 2014 di Jawa Timur dengan perolehan 20 kursi di parlemen, PKB bisa mengusung calon tanpa harus berkoalisi.

"Namun kami tetap membuka koalisi dengan partai lain, karena memimpin Jatim tidak bisa dilakukan sendiri, masih perlu dukungan dari partai lain," ungkapnya.

Selain menjabat ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar saat ini juga menjabat Ketua DPRD Jawa Timur.

Selain nama tersebut, sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur antara lain, Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), Khofifah Indar Parawansah (Menteri Sosial), Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), dan Emil Elistyanto Dardak (Bupati Trenggalek).

Pada Pilgub Jawa Timur 2014, PKB gagal membawa calonnya untuk merebut kursi gubernur Jawa Timur. Saat itu PKB berkoalisi dengan beberapa partai non parlemen mengusung Khofifah Indar Parawansah berpasangan dengan mantan Kapolda Jatim, Herman Sumawiredja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com