Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bandung Jadi Sasaran Teror Bom Panci?

Kompas.com - 28/02/2017, 09:00 WIB
Reni Susanti,
Dendi Ramdhani

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Di tengah sejuknya udara pagi hari di Kota Bandung, Senin (27/2/2017) pagi, peristiwa ledakan bom di Taman Pandawa dan aksi teror di kantor Kelurahan Arjuna, Cicendo, menyeruak.

Polisi menyebut pelaku sebagai terduga teroris berinisial YC. Dia diketahui pernah dipenjara dan pernah mengikuti latihan teroris di Aceh.

Pertanyaan demi pertanyaan muncul. Salah satunya, mengapa Bandung dipilih sebagai lokasi ledakan bom panci ini?

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku heran dengan teror bom Bandung ini karena, menurut dia, motivasi pelaku tak jelas.

Jika pelaku ingin memberi pesan, lanjut dia, seharusnya aksi itu dilakukan pada obyek yang memiliki identitas, misalnya jika pesan ditujukan kepada pemerintah, peledakan bom seharusnya dilakukan langsung di kantor kelurahan, bukan di taman kosong.

"Saya enggak ngerti kami kota bahagia, tidak ada ideologi Barat, simbol bisnis, dan lain-lain. Saya enggak bisa jawab, kamu tanya ke orang intelijen," kata pria yang kerap disapa Emil ini saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (27/2/2017).

"Karena kalau saya mau memberi pesan saya melakukan destruksi di tempat yang punya makna. Masjid maknanya dengan agama, bisnis Barat ada makna, infrastruktur vital ada makna, ini mah di taman kosong enggak jelas siapa targetnya," tambahnya.

Karena motivasi dan motifnya tak jelas, Emil pun menilai, peristiwa ini tak lebih dari aksi kriminalitas semata atau si pelaku tidak memiliki perhitungan yang baik mengenai aksi dan tujuannya.

"Kalau pesannya tentang keislaman, masak melukai sesama Muslim, enggak masuk akal juga. Jadi menurut saya motivasinya enggak jelas, bagi saya ini mah kriminalitas saja. Mungkin dalam perjalanan meledak duluan, makanya gagal definisinya itu ledakan tidak selesai atau apa. Jadi lokusnya ke kelurahan mah takdir saja karena dikejar-kejar panik, (pelaku) masuk ke situ," tutur Emil.

Sasaran antara

Sementara itu, kriminolog Universitas Padjadjaran Yesmil Anwar menilai bahwa teror bom Bandung, Senin pagi, hanya sasaran antara untuk tujuan yang lebih tinggi.

“Saya melihatnya ini lebih ke sasaran antara agar orang menoleh, lalu muncul tuntutannya dan didengar,” ujar Yesmil saat dihubungi melalui saluran telepon, Senin siang.

Yesmil melihat, pelaku ingin memunculkan fear of crime di tengah masyarakat, seperti pemilihan lokasi Arjuna yang berdekatan dengan lokasi sekolah dasar.

Tujuannya, lanjut dia, bukan terkait jumlah korban, melainkan kekhawatiran pada masyarakat yang ditimbulkan, apalagi jika dikaitkan dengan siswa SD. Menurut dia, ketika masyarakat merasa diteror maka pelaku akan dengan mudah mencapai tuntutannya.

“Bandung cukup seksi karena masyarakatnya heterogen dan dekat dengan Jakarta, dan ini bukan kejadian pertama. Kota Bandung sering dijadikan sasaran untuk artikulasikan tuntutannya didengar,” ungkapnya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com