Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Rabitah: Saya Tidak Ikhlas Ginjal Saya Diambil Diam-diam

Kompas.com - 27/02/2017, 18:16 WIB
Karnia Septia

Penulis

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com — Sri Rabitah (25), mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mengaku kehilangan ginjal saat bekerja di Qatar, mengatakan, dia tidak ikhlas setelah salah satu ginjalnya diambil tanpa sepengetahuannya.

"Niat saya datang ke sini, saya minta bantuan dari bapak untuk menuntut orang itu karena saya tidak ikhlas dunia akhirat ginjal saya diambil secara diam-diam," kata Sri Rabitah saat bertemu Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, Senin (27/2/2017).

Didampingi keluarga, perangkat desa, dan Pusat Bantuan Hukum Buruh Migran wilayah NTB, Sri datang ke Kantor Bupati Lombok Utara untuk mengadukan nasibnya.

Kepada Najmul, warga Dusun Lokok Ara, Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, ini menceritakan pengalamannya selama bekerja di Qatar pada tahun 2014 silam.

Saat bekerja di Qatar inilah, ginjal sebelah kanan milik Sri diduga diambil melalui jalan operasi. Sejak saat itu, kondisi kesehatan Sri terus menurun. Dia tidak kuat bekerja, bahkan kerap mengalami kencing darah, batuk darah, hingga keluar darah dari hidung.

Tiga tahun berselang, kondisi kesehatan Sri kian memburuk. Awalnya, Sri tidak mengetahui salah satu ginjalnya hilang. Hingga pada 21 Februari 2017 lalu, Sri melakukan cek kesehatan dan rontgen di RSUD Provinsi NTB.

Hasilnya sungguh mengejutkan, dokter mengatakan, Sri hanya memiliki satu ginjal. Sementara itu, ginjal sebelah kanan Sri tidak tampak dalam foto rontgen.

"Kalau dia minta ke saya, mungkin saya ikhlaskan. Akan tetapi, ini diambil tanpa sepengetahuan saya. Operasi itu dijalani tanpa izin dari orangtua. Tanpa ada tanda tangan dari saya juga," kata Sri.

Saat ini, Sri tengah menunggu jadwal operasi yang rencananya akan dilakukan pada 2 Maret 2017 mendatang di RSUP NTB. Meski kehilangan satu ginjal, ia berharap dapat pulih kembali agar dapat mengurus buah hatinya yang masih berusia empat bulan.

(Baca juga: Kerja di Qatar, Sri Rabitah Kehilangan Satu Ginjal)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com