Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Raja Salman di Bali Libatkan Pecalang

Kompas.com - 27/02/2017, 14:16 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pengamanan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud saat berlibur di Pulau Bali pada 4 hingga 9 Maret 2017 akan melibatkan pecalang Bali.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Ajun Komisaris Besar Hengky Widjaja kepada Kompas.com Senin (27/2/2017).

Menurut dia, pengamanan tersebut meliputi pengamanan pribadi, pengamanan lokasi dan rute yang akan dilewati.

"Pengamanan Raja Salman nanti akan melibatkan pecalang. Itu pasti karena pecalang ini kan kearifan lokal di Pulau Bali. Namun sampai saat ini masih belum ada kepastian berapa jumlah rombongan dan apa saja kegitan yang dilakukan selama di Bali. Jika sudah fixed maka akan koordinasi dengan pecalang di lokasi yang akan dikunjungi oleh rombongan Raja Salman," jelasnya.

Sementara itu untuk jumlah personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan Raja Salman, Hengky mengatakan masih menunggu instruksi dan rapat koordinasi yang akan dilakukan Senin sore hari ini.

Namun ia menjelaskan, jika Raja Salman akan berkunjung ke salah satu kabupaten yang ada di Pulau Bali, maka pengamanan akan melibatkan personel setempat di wilayah tersebut.

"Jumlahnya mungkin ribuan karena yang datang juga ribuan. Tapi jumlah fixed-nya masih menunggu rapat sore ini," tambahnya.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud rencananya akan berlibur ke Bali pada 4 hingga 9 Maret 2017 setelah melakukan pertemuan kenegaraan di Jakarta.

Rombongan Raja Salman diperkirakan berjumlah 1.500 orang, termasuk 25 pangeran dan 10 menteri dengan menggunakan tujuh pesawat.

Diperkirkan rombongan akan menginap di kawasan International Tourism Development Center (ITDC) Nusa Dua. Rencananya, Raja Salman akan menghabiskan waktu liburan di Bali hingga tanggal 9 Maret 2017.

Saat ini sekitar 396 ton barang-barang milik rombongan Raja Salman diangkut melalui Bandara Ngurah Rai termasuk mobil pribadi yang akan digunakan selama ada di Bali dan tangga elektrik seperti eskalator khusus yang difungsikan sebagai tangga turun pesawat Raja Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com