Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutan Lhoksukon Over Kapasitas

Kompas.com - 25/02/2017, 18:58 WIB
Masriadi

Penulis


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Rumah tahanan (Rutan) Lhoksukon, Aceh Utara, over kapasitas. Saat ini satu kamar diisi hingga 25 orang, padahal idealnya diisi 10 tahanan.

Kepala Rutan Lhoksukon, Efendi, menyebutkan kapasitas rutan itu 70 orang. Namun, kini jumlah tahanan dan narapidana di rutan tersebut mencapai 298 orang.

"Kalau berbicara over kapasitas memang di mana-mana begitu. Di sini yang kapasitasnya 70 begitu ya kan, malah penghuninya 298 orang," ujar Efendi.

Upaya untuk mengatasi over kapasitas itu yakni menempatkan tahanan yang akan bebas di mushalla Rutan tersebut.

“Kalau over kapasitas kan semua rutan begitu. Kami di sini sepekan bisa menerima tambahan puluhan tahanan titipan, narapidana dan seterusnya. Yang bebas dengan yang masuk itu tidak seimbang,” ucap Efendi.

Dia menambahkan, kondisi itu rawan gangguan ketertiban dan keamanan. Effendi beharap pembangunan rutan baru segera direalisasikan di atas lahan hibah Pemerintah Aceh Utara seluas 5 hekatre.

“Lokasinya persis di belakang kantor Polres Aceh Utara di Desa Meunasah Reudeup, Lhoksukon. Kantor wilayah kementerian hukum dan HAM Aceh juga sudah mengajukan ke Kementerian Hukum dan HAM Jakarta melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk pembangunan rutan baru,” kata dia.

(Baca: Rutan Lhoksukon Aceh Over Kapasitas, 17 Napi Dipindah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com