Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pleno KPU Seram Bagian Barat: Yasin-Timotius Raih Suara Terbanyak

Kompas.com - 24/02/2017, 20:14 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Rapat Pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara yang digelar KPUD Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku selama tiga hari akhirnya rampung, Jumat (24/2/2017). Hasilnya pasangan Yasin Payapo-Timotius Akerina keluar sebagai pemenang pilkada setelah memperoleh 40.831 suara.

Pasangan itu unggul atas pasangan yang diusung PDIP dan PKS, Samson Atapary-Suhfi Majid yang hanya memperoleh 30.720.

Sementara dua pasangan lainnya yakni pasangan Paulus Samuel Puttileihalat-Amirudin yang diusung Partai Demokrat dan PAN memperoleh 24.413 suara serta pasangan Sanadjihitu Tuhuteru-Petrus Suripatti hanya memperoleh 13.831 suara.

Pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dimpimpin langsung Ketua KPUD SBB, Ahmad Silehu ini ikut dihadiri para saksi dari keempat pasangan calon, serta Panwaslu setempat.

“Total suara sah itu sebanyak 10.111 dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 147.522 suara,” kata dia.

Menurut dia setelah rekaputulasi dilakukan, penetapan pasangan calon terpilih akan dilakukan pada 8 Maret 2017.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilakukan dari 11 kecamatan, pasangan Yasin-Timotius menang di enam kecamatan yakni Kecamatan Kairatu, Kairatu Barat, Amalatu, Huamual, Huamual Belakang dan Kecamatan Pulau Manipa.

Kemudian Samson-Suhfi menang di empat kecamatan yakni di Kecamatan Seram Barat, Inamosul, Taniwel dan kecamatan Taniwel Timur.

Adapun Pasangan Paulus-Amirudin hanya menang di satu Kecamatan yakni di Kecamatan Elpaputih. Sedangkan Sanadjihitu-Petrus yang diusung Partai Golkar dan Gerindra tidak menang di kecamatan manapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com