Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Berencana Buka Rute Purwokerto-Bandung via Cikampek

Kompas.com - 23/02/2017, 20:35 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mewacanakan membuka rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek yang akan dilayani menggunakan KA bisnis dan eksekutif.

"Selama ini, rute Purwokerto-Bandung hanya dilayani KA Serayu jurusan Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen pergi pulang," kata Vice President PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Dwi Erni Ratnawati, di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/2/2017).

Akan tetapi KA kelas ekonomi yang melintas di jalur selatan itu, kata dia, tidak berhenti di Stasiun Bandung melainkan di Stasiun Kiaracondong Bandung  yag merupakan stasiun khusus untuk KA kelas ekonomi.

Oleh karena itu, pihaknya mewacanakan membuka KA bisnis dan eksekutif rute Purwokerto-Bandung melalui jalur utara atau lewat Cikampek.

"Rute yang kami wacanakan itu untuk membidik penumpang kelas bisnis dan eksekutif yang akan turun di Stasiun Bandung," katanya.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pihaknya saat sekarang masih menyebarkan kuisioner kepada pelanggan KA Serayu, baik di Purwokerto maupun Bandung.

Menurut dia, kuisioner itu untuk mengetahui tanggapan pelanggan KA Serayu terkait wacana pembukaan rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek.

"Kalau memang responsnya bagus dan potensi pasarnya ada, KA komersial yang melayani rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek akan dijalankan. Tetapi kalau potensinya kurang, akan dipertimbangkan," katanya.

Menurut dia, kuisioner tersebut untuk sementara baru menjangkau 20 persen penumpang KA Serayu.

Disinggung mengenai jarak tempuh rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek, dia mengakui jaraknya lebih jauh dibanding rute Purwokerto-Bandung yang dilayani KA Serayu jurusan Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen.

Dengan demikian, waktu tempuh rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek menjadi lebih lama meskipun menggunakan KA komersial.

Sementara waktu tempuh Purwokerto-Kiaracondong Bandung yang selama ini dilayani KA Serayu (kelas ekonomi bersubsidi) hanya enam jam 46 menit jika tidak ada keterlambatan perjalanan.

"Waktu tempuh Purwokerto-Cikampek (menggunakan KA komersial) kurang lebih empat jam, Cikampek-Bandung kurang lebih 3,5 jam. Jadi waktu tempuh Purwokerto-Bandung lewat Cikampek kurang lebih 7,5 jam, itu memang patut dipertimbangkan apakah potensial untuk dijalankan atau tidak karena waktunya lebih lama dari KA Serayu," kata Ixfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com