Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Besok Anggi Dioperasi Lagi, Doakan Sembuh Ya"

Kompas.com - 23/02/2017, 20:16 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Setelah menjalani dua kali operasi karena ususnya berada di luar perut, Anggirlan Nasution alias Anggi (10), warga Dusun VI, Pondok I, Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, akan menjalani operasi kembali.

"Pasiennya masuk kemarin sore, diterima di IGD. Sudah diobservasi dokter spesialis. Besok siang, tim dokter akan melakukan operasi closure dengan tindakan tutup colostomy. Saat ini kondisi Anggi baik, untuk sementara dia dirawat di ruang Rindu B," kata Kepala Sub Bagian Humas RSUP Haji Adam Malik, Masahadat Ginting, Kamis (23/2/2017).

Anggi mengalami bocor usus sehingga perutnya membesar karena banyaknya tinja di luar usus pada 2015. Dia lalu menjalani dua kali operasi di RSUD Pirngadi Medan.

Pasca-operasi, jahitan bekas operasi terbuka dan membuat ususnya berpindah tempat menjadi di luar perut. Dua tahun pun dilewati Anggi dengan hanya berbaring dan kesakitan.

Setiap makanan yang masuk ke mulutnya akan keluar menjadi feses di usus yang bentuknya sudah seperti daging tumbuh di samping kiri perutnya. Kini, organ itu berubah fungsi menjadi anus karena anusnya sudah tak berfungsi lagi.

Orangtua Anggi, Adlin Nasution (35) dan Marina (32), berharap, pihak RSUD Pirngadi Medan bertanggung jawab.

"Kami tak mengerti, kami menduga dokter sudah malpraktek. Masa habis dioperasi, ususnya di luar perut dan dibiarkan saja. Kami cuma minta pihak RS Pirngadi bertanggung jawab menyembuhkan anak kami," kata Adlin.

Dugaan malpraktik

Humas RSUD Pirngadi Medan Edison Peranginangin mengatakan, pihaknya belum mendapatkan data soal Anggi.

"Kapan dia masuk? Kami harus cek dulu, kan udah dua tahun lalu. Suruhlah keluarganya datang, biar kami tengok apa masalah sebenarnya. Kalau memang salah, kami akan bertanggung jawab," kata Edison saat dikonfirmasi.

Kades Marindal II Jufri Antono yang mendampingi keluarga Anggi mengatakan, hasil rekam medis RSUP Haji Adam Malik menyatakan, Anggi masih bisa disembuhkan.

"Kata dokter di Adam Malik, Anggi masih bisa disembuhkan," ucap Jufri.

Sementara itu, ayah Anggi, Adlin, membenarkan bahwa anaknya akan menjalani operasi besok. Mereka mendapat instruksi dari Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan untuk membawa Anggi ke Penang bila tidak dilayani RSUP Haji Adam Malik.

"Besok Anggi dioperasi, doakan semoga dia bisa sembuh, ya.." kata Adlin.

(Baca juga: Ususnya di Luar Perut, Sudah Dua Tahun Anggi Hanya Bisa Berbaring..)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com