Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil "Real Count" KPU, Calon Petahana Menangi Pilkada Aceh Timur

Kompas.com - 23/02/2017, 05:45 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Calon bupati dan wakil bupati petahana Aceh Timur, Hasballah HM Thaib-Syahrul Syamaun dipastikan kembali memimpin kabupaten itu.

Pasangan ini meraih suara terbanyak dalam Pilkada Aceh Timur 2017. Hal itu terlihat dari raihan suara dari tempat pemungutan suara atau form C1 yang masuk ke website Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (22/2/2017).

Calon petahana itu meraih 93.303 suara atau 51,27 persen. Sementara rivalnya, pasangan Ridwan Abubakar dan Abdul Rani memperoleh 48,73 persen atau 88.679 suara.

Jumlah suara itu berasal dari 24 kecamatan dan 771 tempat pemungutan suara. Sedangkan warga yang memberikan hak pilihnya hanya 191.245 orang dari total pemilih 281.089 orang atau partisipasi pemilih hanya 68 persen. Total suara masuk sudah mencapai 100 persen.

Sementara itu, Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto menyebutkan, rekapitulasi manual akan dilakukan di kantor KIP Aceh Timur pada 23 Februari 2017.

“Saya tegaskan kita siap memberikan pengamanan selama proses rekapitulasi berlangsung. Saya imbau seluruh pasangan calon menerima hasil pilkada,” kata Kapolres.

Dia menegaskan, jika ada upaya membuat kerusuhan, maka polisi akan menindak tegas.

“Jangan coba-coba buat rusuh, saya tegaskan kita tindak sesuai hukum jika ada yang berbuat rusuh,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com