Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Berkunjung ke Ambon, Penembak Jitu Disebar

Kompas.com - 22/02/2017, 16:35 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Kodam XVI Pattimura menyiagakan regu penembak jitu untuk mengamankan Presiden Joko Widodo selama berada di Kota Ambon.

Jokowi dijadwalkan kembali berkunjung ke Kota Ambon, Rabu (22/2/2017), dalam rangka membuka kegiatan Tanwir Muhammadiyah di ibu kota Provinsi Maluku itu.

Sniper tentu akan kami sebar, itu sudah menjadi prosedur tetap dalam membantu pengamanan presiden,” kata Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura, Kolonel Muhamad Hakim Lalhakim, Rabu.

Dia menyebutkan, penyebaran regu penembak jitu ini akan dilakukan di sejumlah titik yang dianggap rawan, termasuk juga di lokasi kegiatan yang akan didatangi Presiden.

”Di lokasi kegiatan itu akan disebar juga. Itu kan sudah SOP,” katanya.

Secara keseluruhan, lanjut Hasyim, pengamanan Presiden Jokowi di Ambon akan melibatkan 20 SSK aparat gabungan TNI dan Polri. Pengamanan akan dilakukan mulai dari bandara hingga saat acara pembukaan Tanwir Muhammadiyah.

“20 SSK itu sudah termasuk TNI Polri unsur pemda dan unsur lainnya. Jadi kami akan lakukan pengamanan mulai dari kedatangan hingga Presiden kembali,” ungkap dia.

Hakim mengaku, sesuai prosedur, pengamanan ring satu akan dilakukan oleh Paspampres, sedangkan personel TNI/Polri yang ada di Kota Ambon sifatnya hanya mendukung pengamanan.

“Kami hanya mendukung pengamanan karena pengamanan ring satu itu menjadi kewenangan Paspampres,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com