Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan: Banyak Negara yang Tidak Miliki Sumber Daya Alam, tetapi Makmur

Kompas.com - 21/02/2017, 21:12 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, tingkat memakmuran masyarakat pada suatu negara tidak hanya bergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki oleh negara tersebut.

Menurut dia, untuk meningkatkan kemakmuran suatu masyarakat dibutuhkan produktivitas nasional yang memadai.

"Banyak negara yang tidak memiliki sumber daya alam tapi makmur," katanya saat mengisi Kuliah Tamu dan Workshop Capasity Building Energi Baru Terbarukan (EBT) oleh Pemuda Muhammadiyah di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (21/2/2017).

Ia mencontohkan negara Jepang dan Swiss. Tingkat kemakmuran masyarakat di dua negara itu menjadi tinggi karena produktivitas manusianya. Padahal, dua negara itu minim sumber daya alam.

"Tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa meningkatkan kemakmuran masyarakat sewaktu-waktu yang hanya semata - mata mengandalkan sumber daya alam. Produktivitas manusianya harus ditingkatkan," jelasnya.

Ia juga mencontohkan Facebook, sebuah situs jejaring sosial yang berpusat di Amerika Serikat. Menurut dia, dalam waktu yang singkat, nilai jual Facebook sudah mencapai 387 milliar dollar AS.

"Kreativitas itu nilainya semakin lama semakin tinggi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com