Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Sinabung Alami Tiga Kali Erupsi

Kompas.com - 21/02/2017, 15:21 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sudah mengalami tiga kali erupsi sejak Selasa (21/2/2017) pagi ini.

Petugas Pos Pemantauan Sinabung Dery Alhidayat seperti dikutip Antara, menyebutkan, erupsi pertama terjadi pukul 04.04 WIB.

Petugas tidak bisa mengamati tinggi kolom abu vulkanik saat erupsi pertama karena pagi tadi berkabut, tetapi melihat awan panas meluncur ke beberapa arah.

Kemudian erupsi kedua terjadi pukul 07.33 WIB, memunculkan semburan abu vulkanik setinggi 2.500 meter.

Adapun letusan ketiga terjadi pukul 09.45 WIB dan menimbulkan abu vulkanik dengan tinggi sekitar 1.000 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih memberlakukan "zona merah" atau larangan masuk dalam radius tiga kilometer.

Namun di sektor tertentu, radius zona merah tersebut diperluas karena jauhnya jangkauan awan panas akibat erupsi tersebut.

Di sektor selatan-tenggara gunung, zona merahnya sejauh tujuh kilometer, sektor tenggara-timur gunung zona merahnya enam kilometer dan sektor utara-timur gunung zona merahnya empat kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com