Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Lebat, Sejumlah Daerah di Sulawesi Utara Dilanda Banjir

Kompas.com - 19/02/2017, 20:35 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Hujan lebat yang turun nyaris sepanjang hari di sejumlah wilayah Sulawesi Utara telah menyebabkan banjir, Minggu (19/2/2017).

Di Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken dan Kelurahan Mahawu Tuminting, Kota Manado, air masih meluap hingga ke jalan raya hingga pukul 21.00 Wita. Pondok Pesantren As-Salaam di Bailang tergenang.

"Sore tadi air hingga ke dada di pondok pesantren. Para santri mengungsi ke lantai dua," ujar Lengkong, warga Bailang.

Air yang meluap hingga ke jalan raya menyebabkan kemacetan di ruas jalan Kuala Buha, tepatnya di Lingkungan IV, Bailang.

Polisi yang dibantu warga mencoba mengatur arus lalu lintas.

Di Kota Tomohon, hujan deras selama kurang lebih tiga jam menimbulkan banjir di Perum Atas Kelurahan Uliandano, Kecamatan Tomohon Selatan.

Luapan air dari Sungai Sapa juga menyebabkan banjir di Kelurahan Wailan hingga Matani III.

Banjir juga dilaporkan terjadi di Kelurahan Tumatangtang. Ratusan rumah terendam dan beberapa lokasi terjadi banjir bandang.

Pohon-pohon ikut tumbang terseret banjir dan beberapa kendaraan rusak.

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan beserta jajarannya turun meninjau lokasi banjir.

"Masyarakat diminta untuk wasapada karena cuaca ekstrem yang masih terjadi hingga saat ini," ujar Eman.

Tak hanya di Manado dan Tomohon, banjir juga terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa, terutama di Tataaran, Kecamatan Tondano Selatan dan Tounelet, Kecamatan Sonder. Longsor juga dilaporkan terjadi di Leilem masih di Kecamatan Sonder.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa dari dampak banjir yang terjadi di Sulawesi Utara tersebut. Berbagai pihak terkait kini telah turun untuk mengatasi dampak bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com