Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Basuki Pastikan Tol Trans Jawa Selesai pada 2018

Kompas.com - 17/02/2017, 20:19 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono memastikan jalur tol trans Jawa akan selesai dibangun pada 2018 mendatang.

Kepastian itu setelah dia meninjau perkembangan pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga.

“2018 Trans Jawa sudah selesai. Fungsional (Lebaran) dari arah Cikampek ke Ngaliyan Semarang sudah bisa, lalu Semarang sampai Salatiga bisa, dari Solo Sragen bisa fungsional untuk mudik dengan menghindari Kota Solo,” kata Basuki di Semarang, Jumat (17/2/2017).

Kemudian, jalur yang bisa dilalui secara fungsional pada tahun 2017 ini antara lain Sragen, Ngawi, Kartasura. Jalur Solo ke Kertosono juga bisa digunakan sebagian.

“Solo ke Kertosono ada lahan, tapi sudah ada perubahan undang-undang, sehingga bisa gunakan dana talangan,” ujar dia.

Baca juga: Pemerintah Optimistis Tol Trans Jawa Rampung Tahun 2018

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa anggaran untuk infrastruktur meningkat pesat hingga Rp 342 triliun. Anggaran itu untuk proyek fisik dan sosial.

Ia menegaskan, pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk meningkatkan anggaran infrastruktur, termasuk untuk sektor pendidikan dan kesehatan.

“(Infrastruktur) banyak yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan wisata. Semua dilengkapi, didukung proyek, jadi tidak hanya masalah destinasi wisata,” imbuhnya.

Sri Mulyani sebelumnya mengatakan, pemerintah saat ini telah menyiapkan sejumlah skema untuk pembiayaan jalan tol di berbagai wilayah di Indonesia.

Skema pembiayaan yang dirancang dinilai cukup ampuh untuk menyiasati masalah pembiayaan pembangunan.

Sejumlah skema yang digunakan yaitu memanfaatkan Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara, penanaman modal ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memanfaatkan lembaga penjamin hingga Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com