Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Tunggal Unggul dalam "Quick Count" Pilkada Maluku Tengah

Kompas.com - 16/02/2017, 06:03 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Hasil hitung cepat lembaga survei Index Indonesia menunjukkan bahwa calon Tuasikal Abua-Marlatu Leleury unggul atas kotak kosong di Pilkada Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (15/2/2017).

Berdasarkan quick count itu, duet calon petahana tersebut memperoleh 69,75 persen suara.

Direktur Riset Index Indonesia Andi M Akhmar memaparkan, hasil itu diambil dari sampel 150 tempat pemungutan suara atau 98,67 persen dari sampel TPS. Margin of error dalam hitung cepat tersebut sebesar plus minus 1 persen.

"Sehingga sudah dapat dipastikan, pasangan Tulus akan keluar sebagai pemenang Pilkada Maluku Tengah periode 2017-2022 karena suaranya sudah stabil meskipun masih ada sisa suara lainnya," kata Andi kepada waratwan, Rabu petang.

Dia menjelaskan, keunggulan calon petahana itu terjadi pada hampir seluruh kecamatan di Maluku Tengah. Menurut dia, angka yang didapat itu teah memastikan bahwa calong tunggal tersebut akan memenangi Pilkada Maluku Tengah.

Hitung cepat ini bukan hasil final dan tidak menggambarkan hasil perhitungan suara resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com