Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Kota Dibangun Susah-susah, Tiba-tiba Ada yang Buang Sampah Sembarangan

Kompas.com - 14/02/2017, 11:41 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta agar masyarakat bisa menghargai upaya pemerintah dalam membangun dan memperbaiki kota. Bentuk apresiasi itu bisa dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Hal itu diungkapkan pria yang kerap disapa Emil itu terkait postingan di akun Instagram-nya yang menyatakan kekesalannya terhadap aksi penyampah di salah satu titik jalur pedestrian di Jalan Dago, Bandung.

"Jadi, kota ini sudah dibangun susah-susah, sudah dibangun dengan uang rakyat, sudah ditransformasi sedemikian rupa, tiba-tiba masyarakat yang menikmati mengotori, menghina dengan cara-cara buang sampah sembarangan," kata Emil di Lapangan Gasibu Bandung, Jalan Diponegoro, Bandung, Selasa (14/2/2017).

Dia menyayangkan tindakan tak bertanggung jawab itu. Terlebih lagi, hal itu terjadi di kawasan ikon Kota Bandung yang baru rampung diperbaiki. Menurut dia, sikap kemalasan itu bisa menyebabkan Bandung sulit untuk bersih.

"Itu kemarin kan ada tempat sampahnya di minimarket, kelihatan jaraknya cuma lima meter. Namun, kemalasan orang-orang sok gaul inilah yang menyebabkan Bandung susah untuk bersih kalau cara-caranya seperti itu," kata Emil.

"Jadi, hormati transformasi pembangunan minimal dengan tidak merusak dan mengotorinya," tutur Emil.

(Baca juga: Salam Jari Tengah Ridwan Kamil untuk Pembuang Sampah di Trotoar Dago)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com