Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Targetkan Pembangunan 600 Jembatan

Kompas.com - 13/02/2017, 20:24 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan 600 jembatan pada 2017. 600 jembatan tersebut menyebar di seluruh Jabar.

"Mudah-mudahan 500 sampai 600 jembatan atau rawayan bisa kita bangun di 2017 ini," ujar pria yang biasa disapa Aher dalam rilisnya, Senin (13/2/2017).

Rata-rata pembangunan jembatan ini berada di pedesaan sehingga ke depan akan meningkatkan pergerakan orang dan barang yang selama ini terganggu karena ketiadaan akses.

Pembangunan 600 jembatan inipun akan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). "Pokoknya saya tidak mau lagi ada anak yang mau ke sekolah sampai bergelantungan di jembatan," ucapnya.

Aher menyebutkan, 600 titik tersebut ada yang dibangun ada pula yang renovasi. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan dan renovasi ini sebesar Rp 25 miliar yang diambil dari APBD Jabar.

"Kalau kurang akan kita tambah nanti di Perubahan," ucapnya.

Pembangunannya sendiri, sambung Aher, akan melibatkan dinas terkait, para ahli dari ITB, serta Pusat Jalan dan Jembatan (Pusjatan) untuk menilai kelayakan jembatan.

Dengan melibatkan banyak pihak, ia berharap pembangunan bisa dipertanggungjawabkan secara teknis, moral, dan keuangan.

Selain itu, relawan ataupun LSM juga akan turut membantu mencari lokasi untuk pembangunan jembatan. Seperti jembatan di Pakenjeng, Garut, yang dibangun para relawan yang tergabung Vertical Rescue Indonesia.

"Kebetulan mereka juga memiliki program seribu jembatan, nah gagasan mereka ketemu dengan program kita maka kita akan kerja sama dengan mereka," tutur Aher.

Untuk pembangunan satu jembatan diperkirakan menelan biaya Rp 50 juta dengan panjang 50 meter.

"Kita akan deklarasikan pembangunan 600 jembatan ini di akhir tahun karena kalau terwujud ini adalah prestasi besar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com