Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditangkap, Pelaku Ancaman Bom di BRI Samarinda Mengaku Terlilit Utang

Kompas.com - 13/02/2017, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Petugas mengamankan pelaku percobaan perampokan disertai ancaman pengeboman di Kantor BRI Samarinda di Jalan P Suryanata, Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu Kota, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (13/2/2017) siang.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, tim Gegana Brimob Polda Kalimantan Timur dan jajaran Polresta Samarinda telah mengamankan benda diduga bom tersebut.

Ade menuturkan, sebelumnya petugas menerima laporan adanya percobaan perampokan di Kantor BRI Samarinda, dan pelaku membawa benda diduga bom. Pelaku tersebut mengancam akan meledakkan bom tersebut jika tidak diberi uang Rp 50 juta.

"Pelaku membawa benda diduga bom dan mengancam akan meledakkannya apabila tidak diberi uang Rp 50 juta," ujar Ade, Senin (13/2/2017).

Ade menceritakan, mulanya seorang petugas satpam, Bayu Anisa Putra, menanyakan maksud keperluan kepada pelaku saat memasuki Kantor BRI Samarinda.

Tiba-tiba pelaku langsung mengeluarkan secarik kertas bertuliskan, "Saya minta uang 50 juta, atau saya ledakkan bom ini", sambil memperlihatkan benda diduga bom yang dibawa di tas selempangnya.

Mengetahui adanya ancaman tersebut, petugas satpam tersebut langsung mendorong pelaku hingga keluar bank. Namun, pelaku melakukan perlawanan hingga terjadilah perkelahian. Tiba-tiba, benda diduga bom tersebut terlempar keluar dari tas pelaku.

"Benda itu sempat ditendang ke jalan oleh salah satu nasabah. Satpam langsung mengamankan dan menghubungi petugas kami," ujar Ade.

Aparat kepolisian berdatangan ke lokasi kejadian setelah mendapat laporan tersebut. Petugas Gegana Brimob Polda Kaltim fokus mengamankan benda yang diduga bom. Sementara itu, jajaran Polresta Samarinda mengamankan lokasi agar steril dari warga yang memadati lokasi untuk menonton.

“Den Gegana Brimob Polda Kaltim kini masih meneliti benda yang diduga bom rakitan," ujarnya.

(Baca juga: Minta Rp 50 Juta, Seorang Pria Ancam Ledakkan Bom di Kantor BRI)

Gara-gara utang

Ade menceritakan, hasil pemeriksaan sementara, pelaku percobaan perampokan dengan ancaman pengeboman tersebut diketahui berinisial AF (31). Dia merupakan warga Karawang Dusun Pulau Mas RT 006 Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari interogasi petugas, pelaku nekat merampok bank dengan ancaman bom karena terlilit utang sebesar Rp 15 juta. Lantas, dia mengaku merakit sendiri benda diduga bom yang dibawanya untuk melancarkan aksinya itu. Dia juga mengaku bahwa benda tersebut bom rakitan palsu.

"Bom itu dirakit sendiri oleh pelaku, di tempat indekosnya di Tenggarong Seberang. Katanya seperti yang dilihat di film-film. Bahan-bahannya pipa air, plakban kertas, komponen elektronik, kabel-kabel, dan baterai HP," kata Ade.

Ade mengimbau masyarakat Samarinda agar tetap beraktivitas seperti biasa. Sebab, petugas telah mengamankan benda menyerupai bom rakitan bersama pelaku percobaan perampokan bank ini. (Abdul Qodir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com