Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wagub Sumatera Barat Tutup Usia

Kompas.com - 12/02/2017, 07:46 WIB

PADANGPARIAMAN, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015 Muslim Kasim meninggal dunia pada Sabtu (11/2/2017) pukul 21.45 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Mantan Bupati Padangpariaman selama dua periode tersebut mengembuskan napas terakhir setelah mengalami masa kritis dan koma selama 15 hari di RS tersebut. Muslim meninggal pada usia 75 tahun.

Keponakan Muslim, Ilham Fauzi (25), saat dihubungi dari Padangpariaman, Sabtu malam, mengatakan bahwa keluarga almarhum di Padangpariaman berencana akan ke Jakarta, namun masih menunggu konfirmasi dari keluarga di Jakarta.

Keluarga Muslim berencana membawa jenazah almarhum ke Padangpariaman untuk disemayamkan dan dimakamkan.

"Belum pasti, kemungkinan besar besok pagi (Minggu). Kami tunggu dulu informasi dari Jakarta," kata dia.

Muslim lahir di Pakandangan, Enam Lingkung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 28 Mei 1942.

Ia merintis karier sebagai birokrat sejak 1976 dan pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat pada 15 Agustus 2010 hingga 15 Agustus 2015.

Muslim adalah Wakil Gubernur Sumatera Barat tertua saat menjabat. Sebelumnya, ia banyak mengabdikan dirinya pada lembaga negara Bulog dan pernah menjadi Bupati Padangpariaman dua periode pada 2000-2010.

Pada 2010, Muslim menang dalam pemilihan kepala daerah sebagai Wakil Gubernur dan menjadi pasangan Irwan Prayitno sebagai Gubernur Sumatera Barat.

Pada Pilkada Gubernur 2015, Muslim memutuskan maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Fauzi Bahar yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat pada 28 Juli 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com