Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemensos Siapkan Bantuan untuk Korban Longsor di Kintamani

Kompas.com - 11/02/2017, 13:03 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Sosial menyiapkan bantuan sosial kepada 12 korban tewas akibat bencana longsor di tiga desa Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah mengatakan, nilai bantuan sesuai peraturan menteri sosial sebanyak Rp 15 juta untuk korban tewas, dan Rp 5 juta untuk korban luka.

"Bantuan akan segera kami serahkan kepada keluarga korban," katanya di Surabaya, Sabtu (11/2/2017).

Nilai bantuan itu diakuinya memang tidak besar, namun bantuan itu adalah bentuk kehadiran pemerintah di tengah warganya yang sedang berduka karena bencana alam.

"Negara memang harus hadir di tengah apapun kondisi warganya," jelas Khofifah.

Longsor di Bangli pada Jumat kemarin terjadi akibat hujan ekstrem di wilayah tersebut sejak Kamis (9/2/2017) malam.

Selain menewaskan 12 warga, material longsor juga merusak rumah di Desa Awan, Desa Sukawana, dan Desa Songan. BPBD Bangli bersama Kantor SAR Denpasar, BPBD Provinsi Bali, PMI, TNI, Polri, relawan dan dibantu oleh warga melakukan evakuasi dan penanganan kedaruratan, sehingga semua korban sudah berhasil dievakuasi dari timbunan longsor.

BMKG memprakirakan, hujan lebat masih akan terjadi hingga hari ini di wilayah Bangli, Jembrana, Buleleng, Tabanan, Gianyar dan Badung. Karena itu, masyarakat Bali tetap diimbau selalu waspada dari longsor, banjir, dan puting beliung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com