Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Kembali Landa Gorontalo Utara, Ratusan KK Jadi Korban

Kompas.com - 10/02/2017, 07:04 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Sebanyak 386 Kepala Keluarga di Kabupaten Gorontalo Utara menjadi korban banjir akibat curah hujan yang tinggi dan kondisi lingkungan yang buruk.

Permukiman mereka terendam banjir dan menyebabkan sebagian dari warga meninggalkan rumah dan membawa harta benda yang bisa diselamatkan untuk mencari lokasi yang aman jauh dari luapan air banjir.

“Hujan sejak Kamis pukul 15.00 Wita tidak berhenti, 2 jam kemudian banjir sudah menggenangi 2 kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara,” kata Tahir Laendeng,Kepala Sub Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Jumat (10/2/2017).

Adapun daerah yang banjir Kecamatan Sumalata adalah Desa Mebongo, Hutokalo, Bulontio Barat dan Kasia. Sementara di Kecamatan Biau adalah Desa Didingga dan Bualo.

Sejak kemarin BPBD Gorontalo Utara melakukan pendataan hingga ke pelosok. Mereka juga berkoordinasi dengan Aparatur Desa, Camat, Koramil, Polsek dan Dinas terkait.

Selain itu mereka juga melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial berkaitan dengan penyaluran bantuan makanan dan keperluan lainnya.

“Meskipun air sudah surut pagi ini, Kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada,” kata Nurdin Humolungo, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Gorontalo Utara.

Penyaluran bantuan dilakukan dengan mendistribusikan makanan hingga dini hari tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com