Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Napi Korupsi Pelesiran, 6 Petugas Lapas Diupah Rp 100.000

Kompas.com - 10/02/2017, 05:34 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak enam petugas Lapas Sukamiskin bakal diganjar hukuman lantaran terbukti membantu para terpidana korupsi di Lapas Sukamiskin pelesiran. Para petugas ini diupah sebesar Rp 100.000  oleh para tahanan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Ham Jawa Barat Molyanto menuturkan, pegawai yang terlibat merupakan pengawal yang mendampingi para tahanan untuk izin ke luar lapas seperti izin pemeriksaan kesehatan.

"Jadi ada imbalan dari napi ini, ngasih makan, rokok, ada yang dikasih Rp 100.000 sebagai uang pengganti makan, karena tidak sempat makan bersama, itu saja," tutur Molyanto di Lapas Sukamiskin, Kamis (9/2/2017) malam.

Pengakuan itu, kata Molyanto, didapat susai pihaknya melakukan investigasi selama tiga hari terakhir. Mereka pun akan dipindahtugaskan ke lapas lain sebagai bentuk sanksi.

Baca: Enam Sipir Lapas Sukamiskin Terlibat Bantu Napi Korupsi Pelesiran

"Enam pengawal masih bertugas di sini, tiga hari berturut-turut mereka diperiksa. Mereka dipindahkan setelah (hasil investigasi) dilaporkan ke pimpinan," ucapnya.

Dia menjelaskan, sesuai prosedur tiap napi yang izin keluar harus didampingi minimal dua petugas, satu dari lapas dan satu dari anggota kepolisian. Dia pun mengakui jika ada kelalaian dari petugas dalam menjalankan prosedur.

"Enam pengawal, sudah terbukti dalam pemeriksaan sudah mengaku. Kesalahannya di dalam tatanan prosedur pengawalan," katanya.

Baca juga: Polda Jabar: Polisi yang Kawal Anggoro Cuma Terima Duit Rp 400.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com