Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Naik, Harga Cabai di Boyolali Sentuh Rp 160.000 Per Kilogram

Kompas.com - 08/02/2017, 11:46 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Cuaca buruk yang menerjang wilayah Boyolali sepekan terakhir membuat pasokan cabai turun drastis. Akibatnya, harga cabai di pasaran melonjak hingga menyentuh Rp 160.000 per kilogram.

Pedagang cabai di Pasar Sambi, Boyolali, resah harga cabai terus melambung. Dalam sepekan, kenaikan sudah terjadi empat kali. Menurut salah satu pedagang Ramto, kenaikan mulai terjadi sepakan lalu dikarenakan pasokan berkurang. Ramto menyebutkan cuaca buruk menjadi penyebabnya.

"Dari petani pasokannya sedikit karena cuaca buruk. Biasanya lebih dari tiga kilo setorannya, sudah sepekan ini maksimal hanya tiga kilo, bahkan kemarin hanya dua kilo saja," kata Ramto, Rabu (8/2/2017).

Ramto menambahkan akibat kenaikan harga hingga Rp 160.000 per kilogram, pembeli juga berkurang. "Pembeli saat ini paling hanya beli 1 ons, itu sudah R, 16.000,"katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Siswanti, pedagang cabai di Pasar Sambi. Dia berharap berharap pemerintah segera mengatasinya.

"Susah mas, pedagang hanya bisa pasrah sama pemerintah, gimana solusinya," kata Siswanti.

Keluh kesah tak hanya milik pedagang. Seorang pembeli dair Boyolali, Anik, juga harus berpikir keras akibat cabai mahal. "Ini yang susah mas, kalau pas masak enggak ada yang pedas, engga dimakan, pas ke pasar hanya bisanya bel 1 ons, itu saja sudah Rp 16.000,"katanya.

Dalam sepekan, wilayah Boyolali dan sekitarnya khususnya di daerah Cepogo sebagai sentra sayur mayur diguyur hujan lebat. Kondisi tersebut mempengaruhi panen para petani. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com