Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Malang Saat Dini Hari, Warga Kaget

Kompas.com - 08/02/2017, 05:31 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 skala Richter kembali terjadi di laut selatan Jawa Timur, Rabu (8/2/2017) dini hari sekitar pukul 00.21 WIB.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, pusat gempa berada di kedalaman 126 kilometer. Letaknya, 45 kilometer arah barat daya Kabupaten Lumajang atau pada titik koordinat 8,52 derajat lintang selatan dan 113,11 derajat bujur timur.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, Musripan mengatakan, gempa tersebut dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Timur dan Bali.

"BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi atau guncangan dirasakan di daerah Malang, Lumajang, Jember, Trenggalek, Nusa Dua (Bali), dan Tabanan (Bali)," katanya.

Terjadinya gempa disebabkan oleh aktivitas sesar di laut selatan Jawa Timur atau Samudra Hindia. "Pemicu gempa bumi ini diperkirakan adalah aktivitas sesar di Samudra Hindia. Tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Eko Darmoko, salah seorang warga di Kelurahan Samaan, Kota Malang, mengaku kaget dengan guncangan yang tiba-tiba dirasakannya. Ketika itu ia hendak tidur di kamarnya. Tiba-tiba kasur tempatnya tidur bergerak.

"Saya tidur begini, tiba-tiba kasur bergerak. Saya langsung lari keluar," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com