Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berebut Tukar Uang Rupiah Lama di Ambon

Kompas.com - 06/02/2017, 16:12 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Warga Kota Ambon berebutan menukar uang lama mereka dengan uang rupiah baru keluaran 2016 di lokasi pameran Hari Pers Nasional (HPN) di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (6/2/2017).

Meski harus antre sambil berdesak-desakan, namun warga bersemangat menunggu giliran untuk menukarkan uang yang mereka bawa dengan uang rupiah baru.

“Saya beum pernah melihat langsung uang rupiah baru, makanya saya mau tukar. Kebetulan ada di sini,” kata Ernawati, salah seorang warga saat sedang mengantre.

Pihak Bank Indonesia Perwakilan Maluku yang mengadakan penukaran uang rupiah baru itu hanya membolehkan setiap warga untuk menukar uang sebesar Rp 200.000.

”Kami dari BI hanya membolehkan warga untuk menukar uangnya sebanyak Rp 200.000 saja,” kata salah seorang pegawai BI Maluku kepada warga.

Pegawai itu menuturkan, penukaran uang rupiah baru itu akan dilakukan selama pameran dan kegiatan Maluku Expo berlangsung di lokasi tersebut.

”Silakan siapa saja boleh menukarkan uangnya disini, kegiatan ini kita lakukan sampai pameran ini selesai,” ujarnya.

Febiana, salah satu pengunjung pameran, mengaku sangat senang bisa menukarkan uang rupiah baru sebab selama ini dia belum memiliki uang tersebut.

”Saya senang sekali. Besok saya akan bilang kepada teman-teman dan keluarga untuk besok datang ke sini juga,” ujarnya.

Pantauan di lokasi pameran tampak seorang anggota polisi ikut menjaga proses penukaran uang rupiah baru tersebut. Penjagaan dilakukan untuk dapat menjamin ketertiban di stand penukaran uang rupiah baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com