Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Tol Darurat Cisomang Hampir Rampung

Kompas.com - 06/02/2017, 08:31 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan kontruksi Gerbang Tol (GT) Darurat di KM 99+400 dan KM 99+600 Tol Cipularang hampir rampung. Jalan di pintu tol darurat sudah dilebarkan hingga 8 meter.

Kedua jalur darurat itu berada kurang lebih 500 meter sebelum Jembatan Cisomang dari kedua arah. Arah Bandung di KM 99+400 dan arah Jakarta di KM 99+600.

Skenario pintu tol darurat itu untuk kendaraan dari arah Jakarta di keluar di KM 99+400 dan melintasi jalur arteri dari Desa Sawit Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta ke GT Padalarang.

Dari Bandung menuju Jakarta keluar GT Cikamuning atau Padalarang kemudian melanjutkan perjalanan via jalur arteri dan masuk tol lagi di GT Darurat di KM 99+600.

Hendi Wijaya dari PT Jasa Layanan Pemeliharaan anak perusahaan PT Jasa marga mengatakan, pihaknya ditugaskan untuk membuka jalur darurat tersebut.

"Pengerjaannya sudah hampir rampung, jalan sudah dilebarkan jadi delapan meter dengan jalan beton. Kira-kira 90 persen lebih pengerjaan sejak hampir satu bulan," ujar Hendi seperti dikutip Tribun Jabar, Minggu (5/2/2017).

Ia memprediksi pengerjaan kontruksi rampung dalam sepekan ke depan. Rencananya,di masing-masing GT, akan dibangun dua gardu tol dengan masing-masing-masing GT diberlakukan satu arah seperti yang ada di GT Cikamuning di KM 116.

"Mungkin dalam sepekan ke depan sudah rampung pengerjaannya. Apakah gerbang tolnya akan dipakai permanen atau tidak kami belum tahu," katanya.

Dengan dibukanya dua GT darurat, kendaraan dari arah Jakarta maupun arah Bandung tidak lagi harus keluar dari GT Jatiluhur untuk kendaraan dari Jakarta kemudian melanjutkan perjalanan via jalur arteri Purwakarta Padalarang. Begitu juga sebaliknya, kendaraan arah Jakarta tidak perlu keluar GT Jatiluhur dan Cikamuning kemudian melanjutkan perjalanan via jalur arteri Padalarang - Purwakarta.

"Kami merespon baik soal rencana itu karena bisa mengurangi kepadatan kendaraan berat di jalur arteri Purwakarta-Padalarang. Termasuk mengurangi beban jalan," ujar Kasatlantas Polres Purwakarta. (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

Baca: Atasi Macet akibat Cisomang, Gerbang Tol Baru Dibangun di Cipularang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com