Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Pasar Gresik

Kompas.com - 04/02/2017, 13:12 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Kepolisian Resor Gresik menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan sebagian kompleks Pasar Gresik di Jalan Gubernur Suryo, Gresik, Jawa Timur. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (3/2/2017) malam.

“Dugaan sementara memang dari korsleting hubungan arus pendek yang ada di salah satu toko. Tapi masih akan kami pastikan lagi, ini masih menunggu hasil identifikasi dari tim Labfor Polres Gresik,” ujar Kasat Reskrim Polres Gresik, AKP Heru Dwi Purnomo, Sabtu (4/2/2017).

Dari pantauan Kompas.com, terlihat lima personel dari tim Labfor Polres Gresik tengah bekerja melakukan identifikasi di lapangan, dengan dibantu beberapa personel Reskrim Polres Gresik dan Polsek Gresik Kota.

Baca juga: Puluhan Kios dan Toko di Pasar Gresik Ludes Terbakar

Sempat tersiar kabar bahwa kebakaran itu disengaja karena lahan tempat kios berdiri itu milik pribadi dan sengaja disewakan per petak kepada para pedagang. Polisi akan menyelidiki kebenaran kabar tersebut.

“Masih belum berani kami pastikan (kabar kebakaran disengaja). Sebab masih menunggu hasil olah TKP dari tim Labfor. Tapi kalau memang terbukti, pasti akan kami lakukan tindakan sesuai hukum. Ini kami juga masih meminta keterangan dari saksi, yang mengetahui persis kejadian itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Gresik Kota, Iptu Parmin menambahkan, kebakaran yang menimpa sekitar 20 toko dan kios di Pasar Gresik baru dapat dipadamkan pada Sabtu (4/2/2017) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

“Mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Gresik milik PT Petrokimia Gresik dan PT Semen Gresik tadi malam tak cukup memadamkan api, sehingga kami sempat meminta bantuan mobil pemadam kebakaran dari Surabaya. Baru setelah itu, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB,” kata Parmin.

Ia pun menjelaskan, selain karena angin kencang pada saat kejadian, bangunan toko dan kios yang mayoritas terbuat dari kayu membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Guna membantu warga yang terdampak kebakaran, jajaran Dokkes Polres Gresik juga membuka posko kesehatan. Tenda didirikan tepat di ujung barat Pasar Gresik yang mendapat sambutan antusias warga.

“Hanya usaha kecil dari kami dalam memberikan bantuan kepada warga dan para pedagang, yang tempat usahanya menjadi korban kebakaran semalam. Semua usaha pengobatan maupun obatnya kami berikan secara cuma-cuma. Mungkin dua sampai tiga hari ke depan, kami akan berikan pengobatan di sini,” beber salah satu Dokkes Polres Gresik, Iptu Sugioto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com