Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekurangan Pejabat, Pemkab Tasikmalaya Lelang 5 Jabatan Kepala Dinas

Kompas.com - 03/02/2017, 14:26 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pihaknya akan melakukan lelang lima jabatan eselon dua setingkat kepala dinas di lingkungan pemerintahannya.

Selama pembentukan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru sejak awal Januari 2017, lima posisi kepala dinas di pemerintahannya masih belum terisi.

"Untuk pelayanan ke masyarakat dipastikan tak akan terganggu meski lima kepala dinas masih belum terisi. Sekarang untuk sementara posisi itu diisi oleh pejabat sementara setingkat sekretaris dinas," ungkap Uu di kantornya, Jumat (3/2/2017).

Lima posisi kosong setingkat kepala dinas itu adalah Dinas Kesehatan, Dinas Polisi Pamong Praja, Dinas Lingkungan Hidup dan dua posisi staf ahli. Pihaknya pun membuka lebar bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dari daerah lain untuk bisa mengikuti lelang tersebut.

"Bukan hanya ASN di lingkungan Pemkab Tasik saja, tapi ASN daerah lain yang memenuhi kriteria dan persyaratan bisa mengikuti lelang jabatan ini," kata dia.

Sampai sekarang proses lelang jabatan sudah dalam tahap pembentukan tim seleksi pengisian jabatan. Tim ini akan segera membentuk panitia seleksi lelang jabatan tersebut.

Panitia ini nanti berkoordinasi dengan pihak Provinsi Jawa Barat untuk menentukan bahan uji kompetensi, penentuan jadwal dan persiapan lainnya.

"Dipimpin Sekretaris Daerah setempat pansel sampai saat ini masih berkoordinasi untuk mempersiapkan seluruh persyaratan dan proses uji kompetensi dalam lelang jabatan tersebut," tambah dia.

Uu berharap, dengan lelang jabatan ini, Tasikmalaya akan mendapatkan pejabat yang sesuai dengan kriteria masing-masing SKPD sehingga pelayanan masyarakat dan optimalisasi dinas atau lembaga di Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya akan meningkat.

"Lelang jabatan memang baru kali pertama dilaksanakan di Jawa Barat, mudah-mudahan bisa mendapatkan perubahan ke arah yang lebih baik," pungkas dia.

Sementara itu, dinas-dinas baru setelah pemberlakuan SOTK baru awal tahun 2017 lalu di wilayah ini masih menempati ruang-ruang kosong di beberapa gedung perkantoran yang ada. Namun demikian, pelayanan terhadap masyarakat sudah mulai berjalan meski dengan perangkat dan peralatan kerja yang masih belum sempurna.

"Seluruh kantor dinas baru memanfaatkan aset-aset di Pemkab. Ruang-ruang yang tersedia dialihfungsikan. Semua sudah terwadahi dan personal pegawai sudah terpenuhi," tambah Kepala Bidang Desiminasi Informasi dan Statistik Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya, Anes Abdul Naseh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com