Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Grosir dan Gudang Reklame di Pematangsiantar Habis Dilalap Api

Kompas.com - 02/02/2017, 22:09 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Sebuah toko grosir dan gudang reklame Utara Advertising hangus terbakar di Jalan Pane, Pematangsiantar, Kamis (2/2/2017) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, tapi kerugian ditaksir ratusan juta.

Warga yang menyaksikan kebakaran itu mengatakan, kejadian tersebut bermula saat seorang pembeli rokok datang ke toko grosir milik Toni Simanjuntak (42). Saat itu putri Toni, Cindy (12), tengah menjaga toko.

Si pembeli kemudian meminjam korek kepada Cindy. Setelah korek diberikan dan dinyalakan, api dari korek itu menyambar gas yang diduga bocor dari tabung elpiji 3 kilogram tak jauh dari pembeli tadi.

Api kemudian menyala dan mulai membakar isi toko. Cindy sendirian di rumah, sedangkan ayah-ibunya sedang ada kesibukan di luar rumah. Ia pun panik melihat api mulai berkobar.

Warga sekitar mencoba membantu memadamkan api yang merembet ke arah kios Utara Advertising di samping toko tersebut.

Api terus menyala dan menjalar ke bagian gudang Utara Advertising yang berisi mesin cetak.

Warga akhirnya hanya bisa menyelamatkan Cindy dan sepeda motor Honda Vario bernomor BK 5929 WAF milik keluarganya yang parkir di depan toko.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Pematangsiantar dan perusahaan rokok PT STTC serta satu unit mobil water canon milik Polres Pematangsantar tiba di lokasi kejadian.

Api akhirnya padam satu jam kemudian. Petugas sempat memecahkan kaca jendela lantai dua toko grosir guna memadamkan api di lantai dua.

Muksil Sidauruk selaku pemilik gudang reklame mengaku kehilangan sebuah mesin cetak berharga ratusan juta rupiah yang terbakar di dalam gudang.

Ia tidak tahu persis penyebab kebakaran itu karena saat kejadian dia sedang di lantai dua mengerjakan reklame pesanan.

"Setelah mendengar warga berteriak kebakaran, aku langsung turun dan menyiram api di dalam toko grosir itu. Tapi usaha sia-sia karena api itu merembes di minyak bensin yang dijual di lantai satu itu sehingga api membesar dan membakar gudangku," katanya.

Kepala Unit Reskrim Polsek Siantar Timur Ipda Sutari mengatakan masih memastikan asal api.

"Kami melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab sebenarnya kebakaran itu," kata Sutari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com