Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma, Anas, dan Suyoto Ramaikan Bursa Cagub dan Cawagub Jatim

Kompas.com - 02/02/2017, 16:28 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Sejumlah nama kepala daerah di Jawa Timur meramaikan bursa calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Selain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, juga muncul nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan Bupati Bojonegoro Suyoto. Risma disebut sebagai calon gubernur, sedangkan Anas dan Suyoto untuk calon wakil gubernur.

Munculnya nama-nama kepala daerah itu, menurut pengamat politik Universitas Negeri Airlangga (Unair), Mohammad Asfar, menyusul prestasi dan keberhasilan para kepala daerah tersebut memimpin daerahnya.

"Prestasi Risma, Anas, dan Suyoto memang diakui dalam memajukan daerahnya masing-masing," katanya, Kamis (2/2/2017).

Jika Anas dan Risma potensial diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Suyoto potensial diusung partainya sendiri, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), berkoalisi dengan partai lain karena di parlemen Jawa Timur PAN hanya punya enam kursi.

"Suyoto bisa menjadi wakil cagub lainnya seperti Risma, Khofifah Indar Parawansah, atau Saifullah Yusuf," katanya.

Terkait munculnya nama Risma, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI-P Kota Surabaya Adi Sutarwijono memang mendengar, tetapi PDI-P belum mengawali proses pengusungan calon kepala daerah untuk Pilgub Jatim.

"Kami punya mekanisme organisasi untuk mengusung nama calon kepala daerah, dan itu sama sekali belum dilakukan PDI-P," tuturnya.

Dia mengakui, nama Risma memang punya popularitas dan elektabilitas tinggi, bahkan jika memang jadi dipasang di Pilgub DKI. Namun, untuk Pilgub Jatim, Risma sama sekali tidak pernah menyinggung.

"Karakter Bu Risma adalah pekerja dan tidak pernah meminta-minta jabatan," katanya.

Selain ketiga nama tersebut, dua nama tokoh Nahdlatul Ulama disebut kandidat kuat calon gubernur Jawa Timur pengganti Soekarwo, yakni Wakil Gubernur Saifullah Yusuf dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com