Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pendaki Gunung Bawakaraeng Ditemukan dalam Keadaan Lemas

Kompas.com - 31/01/2017, 15:16 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Sepuluh pendaki yang terjebak di gunung , Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berhasil dievakuasi oleh tim Search and Rescue (SAR) gabungan pada pukul 11.30 Wita. Selasa, (31/1/2017). Para korban yang di antaranya seorang bocah berusia sepuluh tahun kini tengah mendapatkan perawatan medis oleh tim SAR.

Tim SAR yang melakukan pencarian awalnya hanya berhasil menemukan empat orang, Rama (10), Aldian (18), Lutfi (21), dan Wantu (20) pada pukul 02.00 Wita dini hari di pos 5. Empat orang lainnya berhasil ditemukan setelah tim SAR melakukan penyisiran di pos 6 pada pukul 11.00 Wita.

"Kami terkendala kabut tebal dan cuaca buruk, terakhir tim menemukan mereka setelah kami sisir pos enam dan mereka semuanya dalam kondisi lemas," kata Rahmat, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Rescue Tirta Sahabat Alam Makassar.

Para korban dievakuasi melalui jalur evakuasi cepat, Bululea. Dari Bululea mereka dievakuasi menggunakan pickup menuju pos utama tim SAR di Dusun Lembanna, Desa Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong.

Korban sendiri mengaku sudah kelelahan akibat cuaca buruk ditambah ransum mereka telah habis.

"Saya sudah pasrah karena sudah tak bisa lagi bergerak jadi semua perlengkapan kami tinggalkan diatas," kata Hendrik Saputra yang sebelumnya berhasil menorobos cuaca buruk untuk meminta bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com