Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Pasar di Boyolali, Jokowi Kenang Masa Kecilnya

Kompas.com - 30/01/2017, 13:38 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Presiden Indonesia Joko Widodo memulai kunjungan kerja di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan meresmikan Pasar Sambi di Desa Tempursari, Sambi, Boyolali.

Jokowi pun bercerita masa kecilnya sering datang ke daerah Sambi tersebut untuk mengunjungi kakeknya.

Jokowi yang lahir di Solo, Jawa Tengah, itu mengaku belum pernah mengunjungi Pasar Sambi meskipun pada masa kecilnya sering datang ke daerah Sambi untuk mengunjungi kakeknya.

"Dulu itu saya sering main ke Sambi karena kakek saya dulu juga dari sini. Namun, jujur saya belum pernah mengunjungi pasar ini," kata Jokowi, Senin (30/1/2017).

Pasar Sambi berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi dan baru saja selesai direvitalisasi.

Dalam kunjungannya, Jokowi berpesan kepada para pedagang untuk merawat pasar tersebut dan tidak takut bersaing dengan pasar modern.

"Sekarang sudah banyak, supermarket, minimarket, masuk saja pakai AC. Di sini pakai AC, mboten? Enggak usah pakai AC, tapi yang penting, bersih, lalu kalau ada konsumen datang yang disapa ramah. Dirawat, dijaga yang bersih, nggih. Kalau ada konsumen datang, ya jangan digetak," katanya.

Setelah meresmikan Pasar Sambi, Presiden dan rombongannya melanjutkan kunjungan ke sentra industri kecil menengah kerajinan tembaga di Tumang, Cepogo, Boyolali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com