Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Tahu Wisata Komodo NTT dari Teman Masa Kecilnya

Kompas.com - 26/01/2017, 07:50 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan, pebalap Moto GP dari tim Moviestar Yamaha, Valentino Rossi, mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, setelah mendapat informasi dari temannya asal Italia.

Menurut Marius, selama berada di kabupaten paling barat Pulau Flores itu, pebalap berjuluk "The Doctor" tersebut mengunjungi sejumlah destinasi yang terkenal seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pantai Pink.

(Baca juga Dikunjungi Valentino Rossi, Ini 5 Obyek Wisata Menarik di Labuan Bajo)

"Keindahan alam dan hewan komodo yang ada di Manggarai Barat itu diketahui Rossi melalui seorang teman kecilnya asal Italia yang juga memiliki usaha rumah makan di Labuan Bajo," kata Marius kepada Kompas.com, Rabu (25/1/2017).

Informasi tentang keindahan pariwisata Manggarai Barat juga diperoleh lewat upaya promosi dari pemerintah melalui berbagai media massa dalam dan luar negeri.

"Upaya promosi terus-menerus yang kita lakukan media hingga radio-radio internasional tentang komodo dan lainnya ternyata sudah memberikan informasi yang memadai sehingga membuat Rossi datang ke Labuan Bajo," kata dia.

Kunjungan Rossi tersebut tentu akan dipantau oleh jutaan followers-nya di media sosial sehingga akan membawa dampak promosi dan efek branding yang besar.

Ia berharap kehadiran Rossi dapat menarik kunjungan tokoh terkenal lainnya sehingga NTT akan semakin terkenal.

Rossi mengunjungi Kabupaten Manggara Barat pada Senin (23/1/2017). Kedatangannya tanpa diketahui oleh dinas pariwisata setempat.

(Baca juga Kadis Pariwisata NTT: Selamat Datang di Labuan Bajo, Valentino Rossi)

Marius mengetahui kedatangan Rossi itu setelah ia mengecek informasi dari rekannya di Kementerian Pariwisata.

"Kita tidak tahu datangnya jam berapa. Tapi tadi teman kita di Kementerian Pariwisata yang mengirim foto melalui WhatsApp dan videonya sudah menyebar di media sosial (Facebook). Kita juga belum memastikan Valentino Rossi ini nginapnya di mana dan mengunjungi daerah mana saja," kata Marius, Senin sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com